in ,

Pindah ke Kanada, Warga Harus Biayai Keamanan Harry dan Meghan Markle Rp17,6 Miliar

Meski pasangan Harry dan Meghan mengaku ingin mandiri secara finansial, bukan berarti mereka diizinkan untuk bekerja di Kanada.

CakapCakapCakap People! Pasangan Harry dan Meghan Markle telah menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris dengan alasan ingin mandiri secara finansial dan akan membagi waktu mereka antara Kanada dan Amerika Utara.

Pengunduran diri pasangan Harry dan Meghan juga telah mendapatkan lampu hijau dari Ratu Elizabeth setelah menggelar pertemuan keluarga kerajaan baru-baru ini termasuk mengizinkan perpindahan pasangan tersebut ke Kanada.

Namun, kepindahan Harry dan Meghan ke Kanada membuat warga negara persemakmuran Inggris tersebut khawatir dengan besaran pajak yang harus dibayar untuk biaya pengamanan mereka.

View this post on Instagram

“After many months of reflection and internal discussions, we have chosen to make a transition this year in starting to carve out a progressive new role within this institution. We intend to step back as ‘senior’ members of the Royal Family and work to become financially independent, while continuing to fully support Her Majesty The Queen. It is with your encouragement, particularly over the last few years, that we feel prepared to make this adjustment. We now plan to balance our time between the United Kingdom and North America, continuing to honour our duty to The Queen, the Commonwealth, and our patronages. This geographic balance will enable us to raise our son with an appreciation for the royal tradition into which he was born, while also providing our family with the space to focus on the next chapter, including the launch of our new charitable entity. We look forward to sharing the full details of this exciting next step in due course, as we continue to collaborate with Her Majesty The Queen, The Prince of Wales, The Duke of Cambridge and all relevant parties. Until then, please accept our deepest thanks for your continued support.” – The Duke and Duchess of Sussex For more information, please visit sussexroyal.com (link in bio) Image © PA

A post shared by The Duke and Duchess of Sussex (@sussexroyal) on

Dikutip dari The Sun, warga Kanada kemungkinan harus membayarkan uang sebesar 1 juta poundsterling atau Rp17,6 miliar per tahun yang akan dibebankan kepada warga sebagai pajak jika Harry dan Meghan Markle tinggal di negara tersebut.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, dikatakan telah secara pribadi meyakinkan Ratu bahwa pemerintahnya akan mendanai sebagian biaya pengamanan untuk pasangan Harry dan Meghan beserta putra mereka Archie.

Namun, di tengah kekhawatiran para pembayar pajak yang keberatan, Bill Morneau, Menteri Keuangan Kanada mengatakan kepada wartawan pada hari Senin, 13 Januari 2020, bahwa para pejabat federal belum memutuskan untuk membayarkan uang keamanan kepada Inggris terkait dengan keputusan kerajaan Inggris tersebut.

“Tidak, kami belum memikirkan masalah ini,” katanya.

“Kami ingin memastikan, sebagai anggota Persemakmuran Inggris [Commonwealth], kami memiliki peran. Kami belum melakukan diskusi mengenai hal tersebut saat ini,” ujar Bill.

Ini kata ahli monarki dari Universitas Carleton Kanada mengenai biaya keamanan pasangan Harry dan Meghan

Philippe Lagassé, seorang ahli monarki di Universitas Carleton Kanada mengatakan bahwa warga Kanada kemungkinan akan jengkel karena mereka diharuskan menanggung security costs atau biaya untuk keamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

“Orang-orang yang peduli dengan kerajaan akan melihat ini sebagai hal yang baik. Sekarang pertanyaannya adalah siapa yang akan membayar biaya keamanan?” ujarnya dikutip dari The New York Times.

Meski pasangan Harry dan Meghan mengaku ingin mandiri secara finansial, bukan berarti mereka diizinkan untuk bekerja di Kanada.

Profesor Lagassé juga memberikan catatan, meskipun Ratu Elizabeth adalah nenek dari Pangeran Harry dan wajahnya ada di lembar uang 20 dolar Kanada, tetapi Ratu Elizabeth bukan warga negara Kanada. Dan meskipun statusnya adalah kepala negara Kanada, hal ini tidak secara otomatis menurun kepada cucunya.

Ia menambahkan bahwa Kanada memang menganut sistem monarki konstitusional, namun tidak sedikit warganya yang ingin meningkatkan sistem pemerintahannya karena penilaian kalau aturan persemakmuran Inggris adalah bagian dari sejarah.

“Saat ini, keluarga kerajaan Inggris tidak tinggal di sini dan tidak meminta biaya apapun dari Kanada. Tetapi jika mereka mengenakannya, maka sikap Kanada pun bisa berubah,” ujar Profesor Lagassé.

Kantor Perdana Menteri Justin Trudeau menolak berkomentar lebih jauh. Pada bulan Desember, saat Meghan dan Harry berlibur di Kanada, Justin menyambut hangat kedatangan keduanya.

“Kalian adalah bagian dari teman, dan selalu diterima di sini,” tulisnya.

Biaya keamanan keluarga kerajaan Inggris

Biaya keamanan yang dikeluarkan oleh bangsawan kerajaan sebelumnya telah ditanggung oleh wajib pajak Inggris —tetapi mereka tidak akan berhak atas dana pengamanan tersebut jika mereka telah menjadi mantan bangsawan.

Kanada telah membayar biaya pengamanan terkait dengan wisata kerajaan di masa lalu sebelum dan pada 2010 dengan menghabiskan 1,65 juta poundsterling untuk melindungi Ratu selama tur sembilan hari di negara tersebut.

Biaya keamanan Pangeran William dan istrinya Kate Middleton selama kunjungan pada tahun 2011, Kanada mengeluarkan biaya sebesar 700 ribu poundsterling.

Tetapi, apakah para pembayar pajak di Kanada masih tertarik untuk mengeluarkan uang yang begitu besar untuk biaya keamanan para bangsawan yang telah memisahkan diri dari kerajaan di masa depan?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ini Dia Kebiasaan Rutin yang Harus Dilakukan Jika Ingin Langsing Pasca Melahirkan!

Deretan Bintang K-Pop Ini Tinggalkan Dunia Hiburan untuk Pulihkan Kesehatan Mental dan Kecemasan