in ,

Penting! Olahraga yang Paling Cocok untuk Penderita Obesitas

CakapCakap – Obesitas jadi masalah besar yang paling ditakuti oleh banyak orang, karena memang bisa terjadi pada siapa saja. Cakap People pun mungkin saja berharap agar tidak mengalami masalah kelebihan berat badan ini, karena ujung-ujungnya pasti juga terkait dengan kesehatan, terutama sejumlah penyakit. Namun, jika mengalami obesitas, maka pola hidup tidak sehat yang selama ini dijalani harus segera diubah. Selain itu, aktivitas fisik juga harus banyak dilakukan seperti olahraga.

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi masalah besar bagi kebanyakan orang, baik wanita maupun pria. Via jaco.co.id

Ada beberapa jenis olahraga yang paling cocok dilakukan untuk para penderita obesitas, menurut laman Okezone.com. Olahraga paling mudah tentu saja jalan kaki, karena tak memerlukan peralatan khusus dan bisa dilakukan di mana saja, serta cara sangat aman. Akitivitas jalan kaki yang dilakukan pun cukup dengan 10-15 menit sehari, atau sekitar 10 ribu langkah. Selain itu, bisa pula berlari atau jogging yang diyakini punya banyak manfaat. Cukup lakukan 30 menit untuk membakar 180 kalori.

Olahraga lain yang bisa dilakukan para penderita obesitas adalah bersepeda. Olahraga ini diyakini juga dapat membantu membakar kalori dengan cepat, serta mengurangi nyeri pada sendi dan juga membangun otot, hingga mengencangkan bokong, paha, dan pinggang. Lalu, jika kamu punya cukup waktu dan kelebihan uang, maka bisa pula sesekali coba pergi ke gym. Ada banyak latihan beban yang bisa dilakukan untuk mengubah lemak menjadi otot, dan pasti dibantu oleh personal trainer.

Melakukan olahraga secara rutin, seperti jogging bisa menjadi pilihan bagi para penderita obesitas untuk mengurangi tumpukan lemak di tubuh. Via tribunnews.com

Tidak hanya itu, ada pula beberapa hal yang juga perlu diperhatikan oleh penderita obesitas untuk memulai berolahraga, menurut laman Liputan6.com. Hal pertama, seperti diungkapkan oleh ahli ortopedi dari Baltimore, Amerika Serikat, Stuart Miller, cukup mengawali olahraga dengan 10 menit setiap hari. Jika sudah merasa nyaman, baru tambah durasinya. Kemudian, jangan lupa melakukan kombinasi olahraga, misalnya berenang dan bersepeda, agar tidak terlalu memaksa kerja sendi.

Paling penting tentu jangan lupa melakukan peregangan sebelum berolahraga, untuk menghindari cedera. Selain itu, meski tampak remeh, namun perhatikan sol sepatu yang dipakai, apakah memang cocok untuk menahan beban berat tubuh selama berolahraga. Nah, jangan lupa ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hati-Hati! Kebiasaan Generasi Millennial Sangat Malas Olahraga

Ingin Tampak Lebih Manis dan Kasual Saat Hangout Bareng Pacar? Coba 4 Style Ini!