in ,

Pendaftaran Mahasiswa Ditutup Hari Ini, Berikut Jalur Penerimaan dan Syarat Peserta SNMPTN

Pendaftaran secara resmi ditutup pada Selasa, 7 Januari 2020.

CakapCakapCakap People! Hari ini adalah hari terakhir untuk kamu yang ingin melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang menjadi wadah proses penerimaan mahasiswa baru secara resmi  akan melakukan penutupan pendaftaran pada Selasa, 7 Januari 2020.

Foto: Pixabay

Penyelenggaran tes masuk perguruan tinggi menyediakan fasilitas pendaftaran melalui portal resminya yakni ltmpt.ac.id yang hingga kini masih bisa diakses oleh peserta dan sekolah yang ingin mengubah statusnya.

Dikutip dari portal yang sama, ltmpt.ac.id, berikut adalah jalur penerimaan dan alokasi daya tampung mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021;

Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui:

(a) Seleksi Nasional Masuk PTN  (SNMPTN)

(SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa; dan

(b) Seleksi Bersama Masuk PTN 

(SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN. Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Kuota daya tampung setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20 persen (dua puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Foto: Pixabay

Adapun kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen (empat puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Sementara, kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30 persen (tiga puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Persyaratan peserta untuk mengikuti SNMPTN adalah:

(a) calon peserta berada di kelas terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan;

(b) calon peserta memiliki prestasi akademik baik dan konsisten ditunjukkan dengan merupakan kuota terbaik di sekolah dan dilakukan oleh LTMPT;

(c)  calon peserta masuk kuota peringkat terbaik di sekolah yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah; dan

(d) calon peserta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN ditetapkan oleh LTMPT.

Persyaratan peserta untuk mengikuti SBMPTN adalah:

(a) Peserta memiliki nilai UTBK SBMPTN yang masih berlaku;

(b) peserta telah memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah; dan

(c) lulusan pendidikan menengah maksimal tiga tahun terakhir. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara penerimaan mahasiswa baru melalui SBMPTN ditetapkan oleh LTMPT.

Adapun ketentuan mengenai persyaratan, metode, tata cara, dan kriteria seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh masing- masing PTN diatur dan ditetapkan oleh PTN sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN menggunakan nilai hasil UTBK SBMPTN sebagai salah satu kreteria seleksi difasilitasi oleh LTMPT.

Penggunaan kriteria lain dalam seleksi mandiri tidak diperkenankan menggunakan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan oleh PTN. Demikian seperti dilansir dari laman BISNIS.com.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wahai Calon Ibu, Ini Dia Ciri-ciri Kamu Hamil Anak Perempuan yang Sering Dibicarakan!

Ditutup Hari Ini, Berikut Tahapan Registrasi Peserta SNMPTN 2020 di Akun Portal LTMPT