in ,

Olahraga Rutin Ternyata Bagus untuk Kesehatan Otak Lho!

CakapCakap – Melakukan olahraga secara rutin dan konsisten memiliki banyak sekali manfaat, tentu saja terutama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Makanya, Cakap People pun pasti selalu berusaha untuk tetap berolahraga sesuai dengan jadwalnya, meskipun terkadang harus pula menyesuaikan dengan jadwal kesibukan dalam aktivitas sehari-hari. Tetapi, perlu juga kamu ketahui, ternyata melakukan olahraga secara rutin juga punya manfaat lain, yakni bagus bagi kesehatan otak.

Olahraga secara rutin bisa memberikan manfaat yang sangat banyak, termasuk juga bagi kesehatan otak. Via spesialislambung.com

Menurut laman Merdeka.com, menjalankan olahraga secara rutin memang bisa menyehatkan otak, karena dapat membantu melancarkan sirkulasi oksigen ke otak. Alasan lainnya, seorang konsultan senior dari National Neuroscience Institute, Singapura, Dr Sim On Ting mengatakan bahwa kegiatan olahraga yang dilakukan secara rutin akan memberi tugas yang berbeda-beda pada otak manusia, sehingga akan jadi ransangan untuk membantu membentuk koneksi baru di antara sel-sel otak.

“Latihan fisik itu melibatkan lima indra manusia. Itu sebabnya dapat memberikan otak lebih banyak informasi untuk berintegrasi,” ungkapnya. Selain itu, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, di mana hormon dopamine pun akan meningkat. Dengan begitu, otak juga mendapat sinyal untuk selalu membawa perasaan baik. “Olahraga juga membuat otak lebih fokus,” sambung Dr Sim lagi. Manfaat lain dari olahraga secara rutin juga akan diberikan kepada fungsi kardiovaskular.

Berolahraga secara rutin juga mampu membantu tubuh dan otak lebih baik dalam menangani stres, serta mengurangi risiko depresi. Via cosmopolitan.co.id

Informasi lain dari laman CNNIndonesia.com, otak dan tubuh akan bisa lebih baik dalam menangani stres jika rutin berolahraga. Selain itu, manfaat lainnya juga mampu mengurangi risiko pikun, yang merupakan penyakit berhubungan dengan otak. Kemudian, penelitian lainnya juga menunjukkan fakta bahwa melakukan olahraga secara rutin dan teratur dapat pula mengurangi risiko depresi, yang merupakan efek positif dari latihan dengan gerakan tubuh terhadap kesehatan otak seseorang.

Tidak hanya itu saja, studi terbaru yang dilakukan pada tikus membuktikan pula bahwa olahraga juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel dalam jaringan otak. Bukan tidak mungkin, penemuan yang sama akan berlaku pula pada otak manusia yang akan terus berkembang dengan rutin melakukan latihan olahraga. Nah, itulah semua manfaat olahraga rutin untuk kesehatan otak, ya Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wajib Tahu! Ini Olahraga Rahasia untuk Mengatasi Perut Buncit

Luar Biasa! Samsung Bangun Pusat Teknologi AI Ke-7 di Kanada