in ,

Mie Instan Kemasan Vs Cup, Lebih Bahaya Mana Bagi Kesehatan?

CakapCakap – Bagi sebagian orang, mie instan merupakan salah satu makanan favorit. Sebab ia memiliki segala kemudahan. Selain praktis dibuat dan gampang ditemukan, cara mengolahnya pun tak memerlukan waktu lama. Benarkan Cakap People? Harga mie instan pun juga terbilang ekonomis. Namun, tahukah kamu jika dibalik segala kemudahannya tersebut tersimpan bahaya yang tersembunyi?

Kini varian mie instan kian berkembang. Jika dulu hanya tenar mie instan dalam kemasan, maka kini tak lagi. Mie instan sudah mengalami inovasi. Salah satu yang paling mencolok ialah pada bungkus yang menutupinya. Mengingat ini zaman modern, maka ada pula jenis mie instan yang dibungkus dalam bentuk cup. Sehingga bisa lebih praktis saat diseduh dan tak mengotori tempat. Tetapi, lebih bahaya manakah mie instan dalam cup atau kemasan? Berikut penjelasannya!

1. Menimbulkan gangguan pada hormon

Memungkinkan gangguan hormon via Alodokter.com

Bukan rahasia lagi jika wadah yang terbuat dari styrofoam memang tak baik bagi kesehatan. Hal tersebut menjadi perhatian bagi sebagian besar peneliti. Bahkan, ada yang menyebutkan jika bahan tersebut memiliki sifat karsinogen pada manusia. Alhasil bisa memicu timbulnya penyakit kanker. Namun, tak hanya itu saja yang bisa terjadi. Lantaran ada pula penelitian lain yang melaporkan jika mie instan yang dibungkus menggunakan styrofoam juga dapat mengganggu keseimbangan hormon serta berpotensi guna merusak saraf.

2. Berpotensi menimbulkan penyakit pada organ reproduksi

Penyakit sistem reproduksi via Doktersehat.com

Mengutip dari laman Boombastis, menurut seorang dokter umum yang bernama dr Sunil Sharma dari New Delhi, India menjabarkan jika mie instan yang dibungkus menggunakan cup jauh lebih berbahaya. Sebab, cup yang digunakan berbahan styrofoam yang dibuat menggunakan kopolimer styrene yang dapat memicu penyakit Endocrine Disruption. Jenis penyakit tersebut dikatakan dapat menyerang bagian sistem reproduksi milik manusia. Masih berminat mengonsumsi mie instan cup?

3. Memicu sel kanker

Dapat mengaktifkan sel kanker via Hellosehat.com

Mie instan yang diwadahi oleh cup akan turut tercampur dengan sebuah zat yang bernama benzema. Zat tersebut nantinya dapat membuat sel-sel kanker dalam tubuh seseorang menjadi aktif. Namun, sel kanker bisa berpotensi aktif jika kamu mengonsumsi jenis mie instan dalam cup dengan jumlah yang berlebihan. Tak hanya dari mie instan cup, namun keadaan tubuh kamu juga dapat memengaruhi aktifnya sel kanker tersebut.

Cukup ngeri bukan efek yang ditimbulkan dari konsumsi mie instan dalam cup yang berlebihan? Berbekal dari wacana di atas, dapat disimpulkan Cakap People jika mie instan yang dikemas dengan cup lebih berbahaya dibanding jenis mie instan yang dibungkus menggunakan kemasan biasa. Namun, ada baiknya jika kamu membatasi konsumsi mie instan baik dalam cup maupun kemasan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Meski Populer di Dunia, McDonald’s Ternyata Dilarang di 5 Negara Ini

Terbongkar 5 Fakta Unik di Kabin Pesawat yang Tak Kamu Ketahui Sebelumnya