in ,

Meski Bikin Mata Pedih Saat Mengiris, Ternyata Bawang Merah Mampu Lawan Kanker

CakapCakap – Bawang merah memiliki banyak manfaat bukan hanya sebagai penyedap masakan, tetapi juga bagus buat kesehatan. Jenis bawang yang paling kecil dalam keluarga allium ini juga seringkali digunakan untuk mengatasi beragam jenis penyakit, Cakap People. Tentu hal ini tidak lepas dari kandungan sehat bawang di dalamnya.

Sebuah studi yang telah dilakukan di University of California, bawang merah merupakan bawang ideal untuk dikonsumsi oleh mereka yang tengah menjalani program diet. Dalam 100 gram bawang merah saja atau berkisar 3 sampai 5 ons bawang merah mentah terkandung 72 kalori atau sekitar 0,10 gram lemak di dalamnya. Konsumsi bawang merah juga mampu melengkapi kebutuhan tubuh akan serat.

Bawang merah via sedulurrtani.com

Bawang merah juga mengandung flavonoids yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari adanya kerusakan. Pada penelitian oleh National Institure of Environmental Health Sciences yang diterbitkan pada September 2011.

Pada hasil studi tersebut disebutkan jika senyawa organosulfur dalam bawang merah mampu melindungi perut sekaligus untuk mencegah gangguan kanker payudara.

Para peneliti juga menemukan adanya kandungan potassium dalam bawang merah yang berguna untuk mengatur detak jantung supaya tetap stabil sekaligus untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Potassium juga memiliki peran penting dalam menghasilkan enzim yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi.

Ilustrasi peduli kanker via tribunnews.com

Meski demikian, ada hal yang cukup menyebalkan dari bawang merah yakni kandungan sulfur di dalamnya. Kandungan ini akan bereaksi dengan sebuah enzim dan menghasilkan asam sulfenat yang bisa dengan cepat berubah menjadi senyawa lain yang menguap ketika berinteraksi dengan mata. Asam tersebut juga membuat mata menjadi iritasi dan memunculkan rasa perih saat mengupas hingga mengiris bawang.

Namun terlepas dari hal di atas, bawang merah memiliki banyak manfaat lain yang bagus untuk kesehatan. Beberapa manfaat bawang merah antara lain adalah untuk menjaga kontraksi otot, membantu kinerja ginjal dan menjaga sel saraf supaya tidak mudah berhimpitan.

Jadi bagi Cakap People yang sampai saat ini tidak suka dengan bawang merah, jangan ragu untuk mencobanya memakannya terlebih dahulu ya. Apalagi setelah mengetahui hasil dari penelitian para ilmuwan yang mengungkap sederet kebaikan bawang merah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mau Coba Olahraga Angkat Beban? Ini Tips Bagi Para Wanita!

Mengenal Tangguhnya Kekuatan Militer RI di Lautan Natuna