in ,

Menikmati Wisata Air Tawar di Danau Tondano

Buat kamu yang bosan dengan wisata air laut, tapi juga masih belum punya waktu banyak untuk menikmati wisata di ketinggian gunung atau perbukitan, ada baiknya kamu pergi ke tempat wisata alami perairan tawar yang secara ilmu geografi disebut danau. Beruntungnya, nih, gaes, negara kita tak pernah kekurangan aneka jenis tempat wisata, termasuk wisata danau sekalipun. Hampir di semua propinsi dan semua pulau besar dari Sabang sampai Merauke memiliki danau yang eksis secara alami semenjak ribuan tahun lalu dan menjadi sumber kehidupan dan penghidupan warga sekitar. Salah satu danau yang terkenal di negara kita adalah Danau Tondano, yang berada di Propinsi Sulawesi Utara.

Salah satu fitur yang membuat danau ini punya nama di Indonesia adalah keunikan dan luas yang dimilikinya. Berada di antara Kabupaten Tomohon dan Kabupaten Kawangkoa, Danau Tondano berada di ketinggian 600 m dari permukaan air laut, bro. Luasnya sendiri sekitar 4.278 hektar! Luas banget, bukan? Gara-gara itulah, danau yang eksis di Desa Remboken yang jaraknya 3 km dari Kabupaten Tomohon ini didaulat sebagai danau terbesar dan terluas di Sulawesi Utara.

Danau Tondano dilengkapi resort dan berbagai atraksi wisata danau yang pasti bikin pengunjung ketagihan
pegipegi.com

Untuk menuju Danau Tondano caranya tidak ribet, kok. Kamu tinggal mendarat di Manado dan melanjutkan perjalanan darat lewat Kabupaten Tomohon. Kalau kamu melewati Kabupaten Tomohon, jarak yang kamu tempuh relatif lebih singkat; kurang lebih 30 km. Tak perlu khawatir bosan, gaes. Di tengah perjalanan kamu ditemani oleh pemandangan alam yang tak kalah indah dan juga kamu bisa lebih mengenal cara hidup warga Manado dan Tomohon dari balik kendaraan.

Begitu tiba di Danau Tondano, kamu tidak hanya disuguhi perairan air tawar yang luas, tapi juga pemandangan gunung dan perbukitan yang menawan hati. Hawa segar dan bebas polusi serta suasana tenang menjadi daya tawar tersendiri danau yang lokasinya tak jauh dari Gunung Kaweng tersebut. Kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau atau sekedar memancing ikan air tawar sembari mempelajari cara warga sekitar berinteraksi dengan danau yang notabene menjadi sumber mata pencaharian mereka selama bertahun-tahun. Kalau kamu ingin menjajal suasana lain, cobalah menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Likri yang berada di tengah danau.

Pulau Likri, yang berada di tengah Danau Tondano
kompasiana.com

Berwisata ke Danau Tondano pasti membuahkan pengalaman unik tersendiri, gaes. Infrastruktur wisata di sini sudah cukup bagus. Kamu bisa dengan mudah memilih resort untuk menginap, yang rata-rata lokasinya tak jauh dari danau tersebut. Di sekeliling danau kamu bisa berwisata kuliner, menikmati menu makanan khas Manado yang rata-rata bercita rasa pedas dan dapat dengan mudah ditemui di warung-warung pinggir jalan. Dari sini kamu bisa berbagi pengalaman kamu menikmati menu olahan ikan air tawar khas Manado. Dan, yang pasti, jangan lupa fotonya, ya.****

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Menikmati Perairan Danau Riam Kanan

Bersantai di Café Sawah Pujon Kidul Malang