in ,

Kenapa Pulau Sulawesi Berbentuk Huruf “K”? Ini Jawabnya!

Pulau Sulawesi adalah salah satu dari pulau besar di Indonesia yang cukup menarik perhatian kalo kita lihat dari peta Nusantara. Ya, Pulau Sulawesi sering dikaitkan dengan bentuk huruf “K” pada simbol huruf alpabet. Tapi kenapa bisa jadi mirip huruf K gitu ya pulaunya? Ternyata ada penyebabnya lho yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

via peta-kota.blogspot.com.au

Dari beberapa informasi yang digali para ahli Geologi yang meneliti Pulau Sulawesi, ditemukan beberapa teori ilmiah tentang proses terjadinya Pulau Sulawesi ini. Ternyata pembentukan pulau ini beda dari pulau lainnya yang ada di Indonesia, bahkan hanya beberapa pulau di dunia yang memiliki kesamaan dalam proses pembentukannya. Pulau Sulawesi ini terbentuk akibat proses endogen, yaitu proses terjadinya karena adanya aktifitas pengangkatan dari perut bumi.

Jadi bisa dijelaskan kalo pembentukannya terjadi dengan sendirinya. Tentu ini berbeda dari pulau lain yang proses pembentukannya hasil dari patahan atau pelepasan daratan dari suatu daratan utama atau benua di sebelahnya. Jadi kayak pembentukan Pulau Jawa yang dulunya masih jadi satu dengan Pulau Sumatera, Malaysia dan lanjut ke Benua Asia. Sedangkan Pulau Sulawesi bukan bagian dari benua manapun. Atau misalnya Pulau Kalimantan yang dulunya bersatu dengan Malaysia, Philipina, dan ke daratan Asia di bagian utaranya. Sedangkan Irian Jaya dulunya bersatu dengan Papua New Guinea dan Australia. Penemuan ini didasarkan pada banyaknya persamaan flora dan fauna pada wilayah tersebut yang saat ini terpisah oleh lautan.

Sedangkan Pulau Sulawesi terbentuk sendiri karena proses endogen dari lapisan lempengan kulit bumi sehingga muncul ke permukaan hingga jadilah pulau Sulawesi ini. Teori ini diperkuat dengan beberapa jenis flora dan fauna di Pulau Sulawesi yang nggak sama dengan daratan lain di dunia kayak Anoa dan Kerbau Belang yang ada di Tana Toraja. Jadi bisa dibilang Pulau Sulawesi ini punya keunikan sendiri yang nggak akan ditemukan di benua lain atau di pulau sebelahnya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Deret Pekerjaan Ini Cocok Banget Buat Kamu Si Kutu Buku

Festival Tumbilotohe, Tontonan Menarik Jelang Lebaran di Gorontalo