in ,

Mengenal Pole Dance, Olahraga yang Sering Disangka Tarian Striptis

Menggunakan tiang besi untuk gerakan pembentukan tubuh

CakapCakap – Ada berbagai jenis olahraga yang dikembangkan untuk dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal. Salah satunya adalah olahraga pole dance yang kini sedang populer dan banyak digemari oleh para wanita metropolitan. Namun, memang belum begitu banyak masyarakat yang mengetahui seni olahraga dengan menggunakan tiang besi ini. Cakap People pun mungkin saja juga baru mendengarnya. Bahkan, tak sedikit yang menyangka olahraga pole dance sebagai tarian striptis.

Pola dance sering dianggap sebagai tarian striptis, padahal sama sekali berbeda. Via merdeka.com

Menurut salah satu pemilik Junko Dance, tempat khusus untuk berlatih seni olahraga pole dance di bilangan Bangka, Jakarta Selatan, yang bernama Diana, olahraga pole dance sendiri sebenarnya tidak mengadaptasi tarian striptis yang seperti anggapan kebanyakan orang. Namun, kebanyakan pole dance di luar negeri memang malah digunakan oleh para striper atau penari striptis. “Pole dance itu gak striptis,” ungkap Diana menegaskan, seperti dilansir laman Merdeka.com, beberapa waktu lalu.

“Tapi memang sebenarnya kalau kita bisa pole dance, pasti kita juga striptis. Karena, kan gerakan-gerakannya bukan hanya untuk sebagai kekuatan, tapi juga untuk kelenturan, fleksibilitas. Kita punya gerakan yang ada koreografinya juga, diajarkan juga. Jadi perpaduan antara dance dan kekuatan. Kalau gunanya pole dance itu, ya sebenarnya utamanya memang untuk kesehatan. Untuk kesehatan jantung, pembentukan tubuh wanita yang misalnya ingin cepat kurus juga bisa banget,” katanya.

Pole dance menggunakan tiang besi untuk gerakan pembentukan tubuh, terutama wanita yang ingin kurus. Via aquarelapole.com

Bahkan, ternyata pole dance sebenarnya bukan hanya bagi wanita saja, melainkan juga pria, seperti dikutip dari laman Liputan6.com. Namun, kebanyakan orang menganggap olahraga ini khusus bagi para wanita. Olahraga pole dance sendiri termasuk jenis olahraga yang cukup keras, karena setiap gerakannya membutuhkan kekuatan fisik dan tubuh yang bugar akibat penggunaan tiang pada setiap gerakannya, yang berfungsi meningkatkan kekuatan otot dan memperlancar aliran darah.

“Dibandingkan dengan olahraga lain seperti Jiu Jitsu, tinju, dan basket, olahraga ini pun jauh lebih menantang, karena gerakan yang intens memerlukan banyak kekuatan secara fisik dan mental,” ungkap Kojian, yang merupakan salah satu komite dari pole dance. Oleh karena itu, olahraga pole dance membutuhkan latihan yang bertahap untuk meningkatkan penguasaan terhadap olahraga ini. Ada Cakap People yang sudah pernah mencobanya?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

McDonald’s Beri Pesangon Rp 9,5 Miliar Kepada Steve Easterbrook, CEO yang telah Dipecatnya!

Mengenal Latihan Crossfit, Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!