in ,

Mengapa Suhu Dibuat Dingin di Dalam Pesawat? Ini Alasannya

CakapCakapCakap People! Salah satu hal penting saat packing adalah termasuk tak ketinggalan untuk memasukkan perlengkapan mandi, pakaian, dan sepatu ; dan pasti kamu juga tak bisa melupakan kaus kaki dan baju hangat agar membuatmu tetap hangat saat di pesawat. 

Apalagi ketika harus duduk di kursi berjam-jam tidak nyaman, dan kamu harus merasakan suhu yang dingin. Suhu udara yang dingin di dalam pesawat tentu saja akan membuat tak nyaman bagi yang tidak tahan dingin.

Image Credit : Unsplash

Tapi jangan khawatir dengan suhu dingin yang dibuat oleh maskapai, dan jangan juga berfikir bahwa maskapai mencoba untuk membuatmu membeli salah satu selimut mereka yang terlalu mahal dan kecil itu ya. Karena ternyata, ada alasan medis di balik dinginnya suhu di dalam pesawat, yang dilakukan demi kebaikanmu.

Dari laman Reader’s Digest, organisasi standarisasi dunia tentang pengujian dan material yang berbasis di Amerika Serikat, American Society for Testing and Materials (ASTM) International, melakukan penelitian untuk menguji korelasi antara penumpang pingsan saat terbang dengan suhu ruangan.

Image Credit : Shutterstock

Mereka mendapatkan temuan bahwa orang cenderung mudah pingsan saat terbang karena kondisi medis yang disebut hipoksia. Tubuh akan pingsan akibat kekurangan asupan oksigen.

Tekanan udara dalam kabin pesawat dan suhu atau temperatur yang hangat dapat menimbulkan reaksi tubuh yang berbahaya. Hal ini umum terjadi di dalam pesawat.

Cakap People! Karena suhu tubuh setiap orang bervariasi, maka pihak maskapai selalu menyetel penyejuk udara atau AC pada sisi rendah agar aman. Meski kondisi ini bakal tidak membuat nyaman mereka yang tidak tahan dingin.

Tapi, akan lebih baik jika kamu menggunakan lapisan tambahan untuk menutupi tubuh agar hangat. Daripada jatuh pingsan karena dingin.

Image Credit : Unsplash

Jadi, meskipun kamu enggan membawa baju hangat dalam perjalanan liburan ke pulau tropis, cobalah untuk tidak mengeluh dengan dinginnya suhu di pesawat. Ini dilakukan agar kamu tidak pingsan.

So, sudah siapkah kamu melakukan penerbangan lagi menuju destinasi berikutnya? Then pack your bag! 

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Salah Olah Bisa Hilangkan Nutrisi, Begini Cara Memasak Sayuran yang Benar

Mantap! 3 Gadget Ini Akan Rilis Bersamaan Dengan Galaxy S10