in ,

Memasuki Restoran atau Bar di Jepang? Bersiaplah Disambut dengan Sapaan yang Mengejutkan

Sapaan itu akan mengejutkanmu jika baru pertama kali mendengarnya.

CakapCakapCakap People! Setiap negara memiliki keunikan budaya yang menjadi ciri khas mereka ya. Mulai dari pakaian tradisional, bahasa, makanan, sampai saat memberikan salam atau sapaan sambutan kepada orang-orang yang baru dijumpainya. Nah, hal ini ternyata juga berlaku saat kamu memasuki restoran atau bar di Jepang loh. Kamu akan disambut dengan salam sapaan yang — jika kamu belum terbiasa — akan cukup mengejutkanmu.

“Irasshaimase!” begitu semua koki berteriak serentak saat kamu memasuki restoran mereka.

Ilustrasi restoran Jepang. (Foto: Unsplash)

Melansir Traveller, itu adalah sapaan atau salam sambutan yang cukup mengejutkan jika kamu pertama kali mendengarnya, tetapi hal itu biasa dilakukan di sana. Salam sapaan itu adalah praktik standar di seluruh Jepang. Sapaan itu pada dasarnya berarti “selamat datang di tempat usaha (restoran) kami”. Salam ini biasanya digunakan di toko-toko, tetapi kemudian berkembang di restoran dan bar.

Sapaan ini adalah contoh lain dari norma kesopanan yang jarang dijumpai yang merupakan spesialisasi atau ciri khas Jepang. Sapaan salam itu tak membutuhkan respons balik, terlebih untuk orang asing, tetapi anggukan kepala adalah respons yang baik, dan kamu bahkan bisa mengatakan “domo“, yang merupakan jawaban “terima kasih”.

Jika kamu ingin bersikap sangat sopan, kamu bisa mengatakan “ojama shimasu“, yang berarti “Aku akan mengganggumu”, dan bagi orang Jepang cara berpikir itu adalah permintaan maaf.

Ilustrasi kafe atau bar di Jepang. (Foto: Unsplash)

Sementara itu, sapaan “irasshaimase!” sudah jarang digunakan di beberapa tempat karena dianggap sapaan kurang sepenuh hati. Terutama di toko serba ada yang sering bergumam tanpa banyak keyakinan, seperti sapaan standar “semoga harimu menyenangkan” yang sering diucapkan oleh staf di konter checkout di AS.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hati-Hati! Terlalu Sering Konsumsi Makanan Pedas Ternyata Bisa Sebabkan Kerusakan Otak

Trik Simpan Ikan Teri Supaya Tahan Lama dan Tak Bau!