in ,

Malaysia Luncurkan Mobil Nasional Proton X70, Seperti Apa?

CakapCakap – Malaysia kembali meluncurkan satu produk mobil nasional terbarunya dengan merek Proton X70. Peluncuran itu dilakukan secara resmi di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Kuala Lumpur, Malaysia, belum lama ini, seperti dilaporkan laman GoOto.com. Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad secara khusus hadir dalam peluncuran ini didampingi sejumlah menteri. Untuk Cakap People ketahui, mobil ini pun merupakan jenis SUV yang disebut paling diantisipasi dalam sejarah otomotif Malaysia.

Malaysia meluncurkan produk mobil dari perusahaan lokal Proton X70 menjelang tahun baru 2019. Via carsifu.my

Mobil ini menjadi mobil SUV pertama dari Proton setelah saham pabrikan Malaysia itu dibeli oleh DRB Hicom Berhad dan Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd. Mobil Proton X70 sendiri dibangun dari basis Geely Boyue di Cina, di mana saat ini masih diimpor secara Completely Built Up (CBU) dari Cina dan akan dirakit di Malaysia mulai tahun 2019. Secara harga, mobil ini pun menyasar segmen seperti Honda HR-V di Indonesia. Namun, fiturnya tak kalah dengan segmen lebih tinggi seperti Honda CR-V.

Secara desain, mobil Proton X70 bisa disebut sebagai facelift dari SUV Boyue, terlihat dari bentuk grill depan dan bemper, meski ada emblem Proton yang terlihat mencolok membedakannya. Pada bagian interior, mobil ini bisa pula disebut sebagai SUV murah dengan fitur mahal, dengan dukungan pengaplikasikan sistem infotainment baru berbasis Geely Smart Ecosystem (GKUI) dan sistem kontrol suara yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Mobil Proton X70 ini dibekali mesin besin 1.8 liter turbocharged 4 silinder dengan tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan juga Sport.

Mobil Proton X70 hadir dalam empat varian, dengan harga mulai Rp 348 juta. Via ohsempoi.com

Menurut laman Tempo.co, mobil Proton X70 ini ditawarkan dalam empat varian, dengan harga mulai sekitar Rp 348 juta untuk yang tipe Standar 2WD, Rp 382,8 juta tipe Executive 2WD, Rp 403,8 juta tipe Executive AWD, dan Rp 431,7 juta tipe Premium 2WD. Mesin pada mobil ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 181 HP pada 5.500 rpm dan torsi puncak 285 Nm pada 1.700 hingga 4.400 rpm. Tenaga pada mobil Proton X70 ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi otomatis dengan 6 percepatan yang dikembangkan oleh Drivetrain System International (DSI), anak perusahaan Geely.

Bagaimana menurut Cakap People? Ada yang tertarik?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Bernasib Apes! 3 Orang Ditahan Gara-gara Hina Raja Malaysia Turun Tahta

Siap-Siap! Sepeda Motor Klasik BSA Bakal Segera Hadir dengan Mesin 750 cc