in ,

Lebih 100 Tahun Silam, Ternyata Porsche Sudah Buat Mobil Listrik Pertama

CakapCakap – Teknologi kendaraan bertenaga listrik, termasuk mobil listrik sedang berkembang saat ini. Seperti yang Cakap People ketahui, sejumlah perusahaan otomotif raksasa dunia telah berupaya memproduksi mobil listrik dengan berbagai keunggulan masing-masing. Nah, pabrikan mobil sport asal Jerman, Porsche merupakan salah satu perusahaan otomotif yang turut mengembangkan mobil listrik. Namun siapa sangka jauh sebelumnya Porsche sudah membuat mobil listriknya yang pertama.

Sekitar 120 tahun lalu, Ferdinand Porsche merancang mobil listrik Egger-Lohner mode C.2 Phaeton, yang kemudian dikenal dengan nama P1. Via medcom.id

Sekitar 120 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1898 silam, Ferdinand Porsche, pendiri perusahaan otomotif tersebut pernah merancang mobil listrik bernama Egger-Lohner mode C.2 Phaeton, seperti yang dilaporkan oleh laman Liputan6.com. Mobil itu pun dikenal sebagai desain pertama Ferdinand Porsche, sebelum mendirikan Porsche pada tahun 1948, atau 50 tahun kemudian. Saat itu, dia masih 22 tahun, dan bekerja merancang mobil Jacob Lohner yang menugaskannya membuat mobil listrik.

Mobil listrik buatan Porsche ini pun melakukan perjalanan pertama di Wina, Austria, pada bulan Juni 1898. Mobil ini ditenagai dengan motor listrik yang dipasang di belakang mobil. Dengan spesifikasi itu, mobil ini dapat menghasilkan daya hingga 3 Tk, dan bisa mencapai 5 Tk dengan mode overdrive, yang mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 50 km/jam, dengan jangkauan terjauh hingga 120 km. Pada bulan September 1899, mobil ini pun mengikuti balapan berjarak 60 km dengan tiga penumpang. Hasilnya, berhasil jadi juara, posisi kedua baru bisa menyusulnya 18 menit kemudian.

Kini mobil listrik P1 dipamerkan di Museum Porsche, Stuttgart, Jerman, setelah sempat hilang selama 111 tahun. Via penemu.co

Mobil yang dikenal pula sebagai model P1 alias Porsche produksi nomor 1; sebelum mobil Porsche tipe 356 keluaran tahun 1948 itu kemudian dinyatakan hilang pada tahun 1902, seperti yang dimuat dalam laman Tempo.co. Setelah 111 tahun, tepatnya pada tahun 2013, mobil ini akhirnya ditemukan lagi di sebuah gudang di Austria. Mobil berbobot 130 kilogram dan baterai berbobot 500 kilogram dengan 12 gigi pengatur kecepatan itu lalu dipamerkan kepada publik pada tanggal 31 Januari 2014.

Kini, mobil listrik P1 dipamerkan di Museum Porsche, Stuttgart, Jerman, yang menampilkan sejarah mobil Porsche. Mobil ini bentuknya persis seperti kereta kencana zaman dulu, bedanya tanpa kuda, serta dilengkapi setir dan mesin listrik. Wah, keren ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mercedes-Benz GLB 2020, Mobil SUV Anyar yang Bakal Jadi Pesaing Toyota Rush

Peugeot Metropolis 400, Skuter Matik dengan Roda Tiga Seharga Rp 274 Juta