in ,

Keren! Malaysia Sudah Mulai Uji Coba Mobil Otonom Tanpa Supir

CakapCakap – Dunia otomotif saat ini memang terus mengalami perkembangan dengan kehadiran berbagai teknologi canggih. Cakap People para pecinta otomotif tentu bisa melihat sendiri sekarang ada banyak produk mobil yang telah dilengkapi dengan sistem teknologi kelas atas. Bahkan, kini pun sudah ada mobil otonom yang bisa berjalan sendiri tanpa harus dikendarai oleh manusia. Nah, kabar terbaru menyebut Malaysia kini sudah mulai melakukan uji coba mobil otonom tanpa supir tersebut.

Malaysia akan segera mengembangkan mobil otonom untuk bisa dioperasikan di negara tersebut. Via mobil123.com

Proyek uji coba itu pun akan digarap oleh Malaysia Automotive Robotics dan IoT Institute (MARii), seperti dilansir oleh laman VIVA.co.id. Beberapa rincian tentang inisiatif autonomous vehicle test bed (AVTB) sudah disampaikan dan menurut rencana bakal dikembangkan pada tahun 2019 ini. Chief Executive Officer MARii, Datuk Madani Sahari mengatakan akan menguji berbagai teknologi pada mobil otonom untuk menilai kompatibilitasnya dengan infrastruktur dan lingkungan di Malaysia.

“Kami akan menguji semua teknologi ini dalam kendaraan otonom untuk memastikan mereka aman dan dapat diandalkan sesuai dengan kondisi lokal di Malaysia,” ungkap Madani. Mereka pun akan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lainnya, seperti Futurise, GreenTech, departemen transportasi jalan (JPJ) dan Institut Riset Keselamatan Jalan Malaysia (MIROS) untuk mempermulus pengujian. Rencana ini sendiri kabarnya dilakukan dalam dua tahap pengujian dalam waktu dekat.

Salah satu konsep mobil otonom yang dikembangkan oleh perusahaan otomotif Volvo. Via detik.com

Dikutip pula dari laman Detik.com, dua tahap yang akan dilakukan tersebut adalah perencanaan pada paruh pertama tahun 2019, dan kemudian dilanjutkan dengan fase pengujian di paruh kedua. “Kami telah mengunjungi fasilitas test-bed yang sama di tempat lain, termasuk Singapura, Eropa dan Jepang,” kata Madani lagi menambahkan. Dengan begitu, rencana pengembangan mobil otonom di Malaysia ini memang sudah dipersiapkan dengan matang, agar dapat segera diaplikasikan di sana.

Untuk diketahui, di Malaysia, kendaraan otonom telah menjadi salah satu fokus ke depan yang akan dimasukkan ke dalam tinjauan Kebijakan Otomotif Nasional (NAP). Sebelumnya, mereka juga telah mempersiapkan pengembangan kendaraan listrik yang kini sudah berjalan. Keren ya, Cakap People!

Wajib Tahu! Ini Asupan Penting untuk Millennial Agar Tak Loyo Beraktivitas

Prediksi Tren Kesehatan di Tahun 2019, Kepuasan Seksual Ternyata Penting!