in ,

Jarang Diperhatikan, Ketahui Waktu Harus Ganti Handuk Mandi!

CakapCakap – Handuk merupakan salah satu perlengkapan yang digunakan untuk mandi yang pastinya harus diperhatikan juga kebersihannya. Meski demikian, tidak banyak orang yang peduli soal kebersihannya. Bahkan beberapa orang tidak menggantinya dalam waktu yang cukup lama. Lalu bagaimana dengan Cakap People? Berapa kali dalam sebulan kamu membersihkan handukmu?

Meski hanya digunakan untuk mengeringkan tubuh yang telah bersih, namun handuk tetap perlu diganti secara rutin. Hal ini dilakukan untuk membuat handuk tetap bersih saat dipakai.

Tumpukan handuk bersih via yclibrary.blogspot.com

Pakar kebersihan, Ralitsa Prodanova mengatakan jika handuk harus sering dicuci jika sudah digunakan sebanyak 3 atau 4 kali. Hal ini dikarenakan, ada banyak sel-sel kulit mati yang menempel pada handuk ketika digunakan untuk menggosok tubuh.

“Jika anda menghirup bau apek handuk, itu artinya bakteri sudah tumbuh pada handuk tersebut. Tekstur handuk yang hangat dan lembab merupakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk kawanan serangga dan kuman,” ujar Prodanova.

Jarang mencuci handuk bisa menyebabkan iritasi pada kulit serta menimbulkan jerawat. Bahkan, Candica Brown seorang ahli kecantikan dari London Bridge Plastic Surgery dan Aesthetic Clinic mengatakan jika mengeringkan wajah dengan handuk yang kotor bisa membuat jerawat muncul.

“Saat anda mengeringkan wajah dengan handuk, itu sama saja anda meninggalkan minyak, kotoran dan sisa-sisa makeup di atasnya. Handuk yang penuh bakteri akan mendorong tumbuhnya jerawat serta menyebabkan iritasi,” ujarnya.

Kebersihan handuk menjadi sebuah perhatian penting, via Pixabay

Selain rutin mencuci handuk setelah digunakan 3 atau 4 kali pemakaian, kamu juga harus tahu cara mencuci handuk yang benar. Pastikan untuk merendam handuk ke dalam air panas agar bakteri yang menempel mati. Selanjutnya gunakan deterjen secukupnya untuk membersihkan sel kulit mati yang tertinggal disana.

“Taruhlah handuk anda ke dalam mesin pengering daripada membiarkannya mengering sendiri. Hal ini dapat mencegah perkembangbiakan bakteri ketika handuk di jemur dalam kondisi basah yang membutuhkan waktu untuk mengering sendiri,” lanjutnya kemudian.

Saat handuk tidak dibersihkan, handuk bukan hanya sempurna untuk tempat tinggal bakteri namun juga tidak efektif dalam mengeringkan tubuh setelah mandi. Jadi jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan handuk kamu ya, Cakap People.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Duh! Gara-Gara Penyakit Langka, Wanita Ini Rasakan Sakit Hingga Ingin Bunuh Diri

Asli Ngeri, Wanita Ini Minta Dibuatkan Tas dari Kulit Kakinya!