in ,

Januari 2020, Jalur Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

Pendakian Gunung Semeru ditutup total sejak September 2019 akibat kebakaran hutan dan lahan.

CakapCakapCakap People! Untuk kamu yang berencana melakukan pendakian di jalur Gunung Semeru, tampaknya masih harus bersabar dulu ya. Pasalnya, jalur tersebut masih ditutup. Lalu, kapan akan dibuka kembali?

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menyatakan bahwa pendakian di Gunung Semeru, Jawa Timur, diharapkan bisa mulai dibuka kembali pada Januari 2020.

View this post on Instagram

ingin menikmati kembali, bersama kabut tipis yang turun menelusuri lembah kasih "Ranu Kumbolo",… Menapaki "Tanjakan Cinta",… dan merebahkan sejenak rasa lelah ini di hamparan luas "Oro-Oro Ombo",.. merenungi bekas aliran lahar di "Kalimati" menyampaikan salam keagungan pada jurang-jurang di sekitar "Arcopodo" hingga akhirnya berharap dapat menyapa surya di balik "Mahameru" yang selalu bergemuruh,…

A post shared by Catur Jemianto (@jemicatur) on

Kepala Balai Besar TNBTS John Kennedie mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pembersihan di jalur pendakian Gunung Semeru, usai kebakaran hutan yang terjadi beberapa waktu lalu, dan menghanguskan kurang lebih area seluas 131 hektare.

“Kemarin cukup lama kebakarannya. Teman-teman di lapangan masih melakukan pembersihan jalur, mungkin, paling cepat akan dibuka pada awal tahun depan,” kata John, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa 19 November 2019, seperti dikutip dari Kantor Berita ANTARA.

John menambahkan, berdasarkan laporan dari tim yang diterjunkan untuk mengecek jalur pendakian Gunung Semeru, banyak ditemukan pohon tumbang, termasuk adanya tanah longsor, yang bisa membahayakan para pendaki.

“Laporan dari tim di lapangan, banyak kayu tumbang dan longsor. Jika memang pada Desember 2019 sudah bisa dibuka, akan kami buka. Tapi paling tidak Januari 2020 akan kami buka,” kata John.

Pendakian ke Gunung Semeru ditutup total sejak September 2019, akibat adanya kebakaran hutan dan lahan. Tercatat, berdasarkan data Balai Besar TNBTS, ada kurang lebih 131 hektare areal hutan yang terbakar.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru terletak di dua wilayah yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Nashin Mahtani asal Indonesia Masuk Nominasi Global Citizen Prize: Cisco Youth Leadership Award 2019 di London

Kekayaan Bos Xiaomi Turun Rp45 Triliun, Ini Penyebabnya