in

Jangan Buru-buru! Ini Tanda Kamu Belum Sanggup Beli Rumah Sendiri

Cakapcakap – Memiliki rumah sendiri merupakan dambaan setiap orang. Namun harga rumah saat ini tak murah, apalagi jika bertambah tahun. Maka harganya akan cenderung menanjak. Sehingga sebelum memutuskan untuk membeli rumah sendiri, maka Cakap People perlu mengidentifikasi terlebih dulu kondisi finansial yang ada.

Hasrat membeli rumah malah jangan menjadikanmu beban yang sangat berat. Pasti kamu tak ingin bukan jika cicilan tiba-tiba terhenti di tengah jalan? Oleh karena itu simak ulasan berikut yang menunjukkan jika kamu belum siap membeli rumah sendiri.

1. Penghasilan yang sama dengan nilai cicilan rumah

Penghasilan sama dengan nilai cicilan rumah via gebeet.com

Berani mencicil rumah? Maka berapa penghasilan yang kamu terima? Apabila penghasilanmu satu bulan setara dengan jumlah cicilan rumah yang kamu ambil, maka ludeslah sudah penghasilanmu. Lantas, untuk biaya hidup bagaimana? Jangan mengambil cicilan rumah di saat kamu belum benar-benar mampu. Karena itu hanya akan membuat kehidupanmu semakin berat. Hindari untuk gegabah dalam memikirkan sesuatu sebelum kamu sesali pada akhirnya nanti.

Paling tidak kamu harus memiliki perencanaan keuangan yang matang sebelum mengambil cicilan rumah. Rencanakan dua tahun sebelum memutuskan hal tersebut. Kamu juga bisa sedikit demi sedikit mulai menabung untuk membeli rumah. Sehingga nantinya kamu tak akan keberatan untuk membayar cicilan rumah.

2. Harus hutang untuk biaya DP

Berhutang demi bayar DP bukan hal tepat via iyakan.com

Apabila kamu harus mengajukan pinjaman guna membayar DP atau dana pertama rumahmu, maka dapat dipastikan jika kamu belum siap mencicil rumah. Jika baru DP saja kamu mengajukan permintaan hutang, lalu bagimana caramu untuk membayar cicilan rumah? Kamu perlu memikirkan dengan matang tindakan yang kamu lakukan sebelum mewujudkannya. Termasuk pula jika kamu mengajukan pinjaman kredit nanti. Jangan sampai kamu terjerat oleh hutang yang akan membuatmu bertemu dengan kehancuran secara finansial.

3. Cicilan yang harus dibayarkan terasa memaksa

Cicilan yang dibayar terasa memaksa via okezone.com

Berikut ini adalah salah satu tanda yang umum. Jika kamu merasa bahwa cicilan rumah nilainya cukup berat hingga memaksa, maka kamu belum siap untuk membeli rumah. Terlebih jika pasca membayar cicilan kamu merasa sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jadi sebaiknya urungkan terlebih dulu niatmu.

So, mulai sekarang pastikan dulu niat Cakap People untuk membeli rumah impian. Pastikan semua dipikirkan secara matang dan sesuaikan dengan budget yang ada. Jangan sampai cicilan jangka panjang justru terasa membebanimu kelak.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Varian Nugget Pisang Ini Bakalan Bikin Kamu Ngiler

Astaga, Tips Kecantikan dari Internet Ini Ternyata Menjerumuskan!