in ,

Inilah Penampakan Mesin Bor Raksasa China di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

CakapCakapCakap People! Pengerjaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tengah dikebut dengan menggunakan mesin Tunnel Boring Machine (TBM). TBM adalah mesin bor raksasa yang didatangkan dari Shanghai, China.

Foto : Dok. PT Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) Via CNBC

Pekerja melakukan pembangunan konstruksi Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di bawah tol Cikampek mulai KM 3+300, dari arah Jakarta. Pengerjaan KCJB tersebut dikebut denggan menggunakan mesin Tunnel Boring Machine (TBM) yaitu alat bor raksasa yang didatangkan khusus dari Zhanghuabang Wharf, Shanghai Tiongkok.

Foto : Dok. PT Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) Via CNBC

Bor raksasa TBM KCJB akan beroperasi di daerah Halim dengan menggunakan Metode Shield Tunneling (MST) untuk pengerjaan konstruksi terowongan sepanjang 1.885 meter menembus lapisan tanah di bawah tol Cikampek mulai KM 3+300, dari arah Jakarta

“Metode (bor raksasa) ini bekerja seperti cacing bawah tanah dimana selama proses pengeboran hampir tidak menimbulkan gangguan bagi aktivitas kendaraan atau masyarakat yang berlangsung diatasnya,” kata Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) Chandra Dwiputra, seperti dikutip dari CNBC, Jum’at 29 Maret 2019.

Foto : Dok. PT Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) Via CNBC

TBM KCJB akan bekerja secara intensif dengan standar pengoperasian selama 24 jam tanpa henti. Pada kecepatan tertinggi mesin bor yang memiliki mata bor (cutting knives) yang dirancang khusus dari logam keras dapat melubangi lapisan tanah sepanjang delapan meter per harinya.

Mengutip The Jakarta Post, Jum’at 29 Maret 2019, Ronald Lintang, Asisten Insinyur Sinohydro Co. Ltd. yang mengerjakan proyek KCJB ini mengatakan bahwa mesin bor TBM, yang memiliki diameter 13,19 meter ini akan menjadi yang terbesar dari jenisnya yang pernah dioperasikan di Indonesia.

Foto : Dok. PT Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) Via CNBC

Stasiun No. 1, yang terletak di dekat bandara Jakarta, adalah salah satu dari empat stasiun yang diproyeksikan akan dibangun untuk KCJB. Tiga stasiun lainnya berlokasi di Karawang, Walini dan Tegal Luar di Bandung.

Sebanyak 12 terowongan akan dibangun dan rute KCJB sepanjang 142 km akan menghubungkan kedua kota.

Foto : Dok. PT Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) Via CNBC

KCJB ini mampu mengangkut penumpang dan barang dalam waktu 45 menit antara Bandung dan Jakarta, juga membuka jalan bagi orang-orang di Indonesia untuk memasuki era sistem transportasi modern.

Seperti diketahui, proyek KCJB ini ditargetkan akan selesai pada 2021 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Inilah Alasan Film ‘Get Out’ dan ‘Us’ Didominasi Kulit Hitam

Tingkatkan Peluang Hamil dengan Lakukan Sederet Olahraga Berikut!