in ,

Inilah 6 Makanan Paling Pedas di Dunia, Ada Sambal hingga Kimchi Jjigae

Pecinta pedas pasti sudah tidak asing dengan hidangan pedas ini!

CakapCakapCakap People! Untuk kamu yang menyukai makanan pedas, menemukan hidangan dengan rasa pedas dan enak adalah sebuah petualangan menarik. Untuk itu, kamu wajib tahu daftar makanan paling pedas di dunia.

Beberapa hidangan ini cukup terkenal karena kepedasannya. Bahkan, salah satu masakan Indonesia juga termasuk di dalamnya, yakni sambal ulek. Berikut adalah makanan paling pedas di dunia yang wajib dicoba yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Phaal Curry

Inilah 6 Makanan Paling Pedas di Dunia, Ada Sambal hingga Kimchi Jjigae
Phaal Curry [Foto via recipes.net]

Makanan khas Bangladesh-Inggris ini merupakan salah satu makanan terpedas di dunia karena dibuat dengan menggunakan 10 jenis cabai termasuk cabai terpedas di dunia seperti cabai Bhut Jolokia (Ghost Pepper), Scotch Bonnets, dann Habaneros.

Cabai Bhut Jolokia memiliki tingkat kepedasan 1,2 juta skala Scoville (satuan tingkatan untuk mengukur kepedasan suatu makanan).

Kari ini dibuat dengan bahan dasar tomat yang kental dan dibumbui cabai terpedas tersebut. Phaal Curry berisi daging, kentang, dan cabai.

Phaal curry biasanya disajikan dengan roti atau nasi putih dan yoghurt untuk mengurangi panas dari rasa pedas.

Beberapa restoran yang menyediakan menu Phaal Curry bahkan membuat formulir persetujuan kepada pengunjung yang ingin menikmati hidangan Kari Phaal ini.

2. Goan Vindaloo

Beef Vindaloo
Beef Vindaloo [Foto via recipetineats.com]

Goan Vindaloo juga merupakan makanan pedas curry asal Portugis yang dibawa dan dikembangkan di India.

Goan Vindaloo merupakan hidangan daging yang direndam dan dimasak di dalam anggur, cuka, dan bawang putih.

Vindaloo dibuat menggunakan bahan olahan dari India dengan berbagai jahe, lada, dan berbagai jenis cabai. Cabai inilah yang memberikan rasa pedas pada hidangan ini.

3. Papa a la Huancaina

Inilah 6 Makanan Paling Pedas di Dunia, Ada Sambal hingga Kimchi Jjigae
Papa a la Huancaina [Foto via annainthekitchen.com]

Papa a la Huancaina adalah sebuah hidangan perpaduan kentang, keju queso fresco, cabai, dan susu yang disajikan dengan telur rebus, nasi, dan salad.

Makanan khas Peru ini menggunakan cabai khas Peru yaitu Aji Amarillo yang memiliki tingkat kepedasan 30.000-50.000 Scoville yang membuat hidangan ini memiliki rasa yang pedas.

4. Jerk Chicken

Jerk Chicken
Jerk Chicken [Foto via foodandwine.com]

Jerk chicken adalah salah satu hidangan ayam panggang terpedas karena menggunakan Cabe Scotch Bonnet yang memiliki tingkat kepedasan 100.000-350.000 Scoville.

Ayam panggang asal Jamaika ini biasanya disajikan dengan roti, nasi putih, atau salad.

5. Sambal Ulek

Inilah 6 Makanan Paling Pedas di Dunia, Ada Sambal hingga Kimchi Jjigae
Sambal Ulek [Foto via Kompas]

Indonesia juga memiliki salah satu makanan terpedas yaitu sambel ulek. Sambal yang dibuat dari cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan berbagai bahan lainnya memiliki tingkat kepedasan yang sangat tinggi.

Cabai rawit memiliki tingkat kepedasan 50.000-100.000 Scoville. Tingkat kepedasan sambal ulek juga tergantung dari berapa banyak jumlah cabai yang digunakan.

6. Kimchi Jjigae

Kimchi Jjigae
Kimchi Jjigae [Foto via crazykoreancooking.com]

Hidangan asal Korea Selatan ini merupakan hidangan sup yang dibuat dengan Kimchi, hidangan sayur fermentasi khas Korea yang dibumbui dengan Gochugaru.

Gochugaru dan gochujang (pasta cabai) inilah yang menjadi sumber panas dan pedas dari hidangan kimchi jjigae. Sementara kimchi yang membuat hidangan ini memiliki rasa yang asam dan menyegarkan.

Kimchi yang telah memiliki rasa pedas dimasak kembali dengan gochugaru dan gochujang. Hal inilah yang membuat Kimchi Jjigae memiliki rasa yang pedas.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Sesuai Syariat dari BRIN

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Sesuai Syariat dari BRIN

Pemegang Saham Tesla Setujui Bayar Gaji Elon Musk Rp907 T

Pemegang Saham Tesla Setujui Bayar Gaji Elon Musk Rp907 T