in ,

Inilah 5 Destinasi Wisata Pantai yang Harus Kamu Nikmati Keindahannya di Pulau Morotai, Maluku Utara

Kalau tidak bisa menyelam, airnya yang sebening kristal saat cuaca cerah memungkinkan kamu melihat hiu yang berseliweran hanya dengan snorkeling.

CakapCakapCakap People! Kepulauan Halmahera menyimpan keindahan yang harus kamu nikmati saat menjelajah ke wilayah ini, salah satunya adalah di Morotai. Ada sejumlah destinasi wisata menarik di pulau ini.

Morotai adalah sebuah pulau sekaligus kabupaten di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara. Ia terkenal karena lokasinya (hampir) di titik paling utara di Indonesia.

Karena posisi itu pula, pada 1944 Amerika Serikat merebutnya dari kekuasaan Jepang untuk dijadikan basis militer angkatan udara Perang Dunia II. Hingga kini jejak-jejak peninggalan perang di Morotai, mulai dari pesawat militer hingga senjata dan amunisi, masih bisa ditemukan.

Namun, bukan sejarah Morotai yang akan kita bahas, melainkan keindahan pantai dan bawah lautnya. Berikut 5 pulau di Morotai yang bisa membuat kamu ingin langsung datang dan berlama-lama menikmati keindahannya, seperti dilansir dari laman Republika:

1. Pulau Zum-Zum

Pulau kecil tak berpenghuni ini pernah jadi basis militer tentara Sekutu dalam Perang Dunia II. Karena itu, di sini dibangun Monumen Jenderal Mac Arthur, panglima yang berjasa dan terkenal dengan kepemimpinannya yang tangguh.

Pulau ini ditumbuhi pepohonan lebat dan pantainya yang berpasir putih masih sangat alami dan jarang dipadati pengunjung. Di sini juga terdapat titik penyelaman yang indah dan jaraknya 15 menit saja dari Pelabuhan Daruba di Morotai.

2. Pulau Mitita

Sama seperti Zum Zum, pulau ini juga tak berpenghuni dan pantainya yang bersih jarang didatangi orang. Yang populer di sini adalah titik penyelaman sedalam 17 meter yang merupakan habitat Hiu Karang Sirip Hitam yang disebut Mitita Shark Point.

Kalau tidak bisa menyelam, airnya yang sebening kristal saat cuaca cerah memungkinkan kamu melihat hiu yang berseliweran hanya denganĀ snorkeling.

3. PulauĀ Kolorai

View this post on Instagram

Pesona Desa Wisata Pulau Kolorai. Salah satu pulau yang saya kunjungi saat explore kawasan Kepulauan Morotai adalah Pulau Kolorai. Pulau ini ternyata salah satu pulau berpenghuni terpadat yang ada di Kabupaten Morotai Provinsi Maluku Utara. Pulau yang terkenal karna keindahan pantainya maupun bawah lautnya ini juga terkenal sebagai desa pelangi nya Morotai. Semua rumah mulai dari tembok, jalanan hingga dermaga dicat bewarna-warni. Didesa ini ini juga ada banyak sekali keistimewaan seperti salah satunya aktivitas warga yang sering mencari ikan, kerang dan rumput laut maupun beragam acara budaya yang rutin digelar dipulau ini. Dari pusat Kota Daruba hanya membutuhkan sekitar 2 jam perjalanan laut menggunakan kapal nelayan. Biasanya pulau ini disinggahi wisatawan untuk menikmati santap makan siang atau yang ingin membeli minuman dan makanan. Namun tak sedikit juga yang sengaja datang kepulau ini untuk mengenal lebih dekat lagi kehidupan sosial masyarakatnya. Duh daku baca nama pulau ini berkali2 selalu salah. Enteh kenapa selalu kebaca dan kesebut Koroai. #pulaukolorai #kolorai #morotai #malukuutara

A post shared by Edi M Yamin / Emye (@kataomed) on

Pulau Kolorai dihuni sekitar 100 kepala keluarga yang merupakan Suku Galela, Ternate, dan Bajo yang beragama Islam. Tak heran terdapat sebuah masjid di tengah pulau. Pulai Kolorai merupakan desa wisata yang cukup populer sehingga warga sudah terbiasa dengan kunjungan turis atau pejalan.

Mayoritas penduduk desa Kolorai adalah nelayan. Mereka memancing ikan dengan cara tradisional menggunakan bambu panjang. Hasil pancing sebagian dibuat menjadi ikan asin. Uniknya, ikan asinnya bisa langsung dimakan. Di sini juga terdapat sumber air tawar berupa sumur, yang menghidupi para penghuninya.

4. Pulau Kokoya

View this post on Instagram

#Repost @triptrapliburan ā€¢ ā€¢ ā€¢ ā€¢ ā€¢ ā€¢ Selain pulau Mitita ada pulau lagi yang bagus yaitu Pulau Kokoya Pulau Kokoya, pulau kecil tak berpenghuni, umtuk mencapai pulau kokoya kamu bisa menempuhnya Ā sekitar waktu 30 menit dan menggunak spedd boot dari kota morotai. Masih sedikit wisatawan yang mengenal keindahan pulau ini. Ada banyak pilihan destinasi liburan di Pulau Morotai. Salah satunya adalah Pulau Kokoya. Pulau ini adalah tempat yang paling cocok untuk snorkeling. Pulau ini menawarkan pasir putih yang indah dan terumbu karang yang megah. Dari pulau ini kita melihat gradasiĀ  warna putih, hijau terang , hijau tua, biru muda , biru tua . Pulau kokoyas menawarkan pasir putih yang sangat Indah , pulau kokoya sanagt cocok untuk bersantai santai. Karna pulau kokoya pulau Tropis harus siap berhadapan dengan panas siang hari. Panas pulau kokoya akan terbayar dengan Pemandangan yang mempesona. #pulaukokoya #morotai #morotaiisland #maluku #malukuutara #pulaumitita #exploremaluku #exploremalukuutara #exploreindonesia #wonderfullindonesia

A post shared by MOROTAI (@travelingmorotai) on

Kembali ke pulau tak berpenghuni, Pulau Kokoya berjarak sekitar 30 menit dari pelabuhan dengan kapal cepat. Sama seperti pulau sebelumnya, pengunjung dapat bersandar di dermaga lalu langsung terjun ke air untuk melihat kumpulanĀ schooling fish.

Pasir putih di sini sangat bersih dan pantainya berwarna biru-kehijauan. Jangan lupa siapkanĀ sunblockĀ super karena matahari di Morotai sangat menyengat.

5. Pulau Dodola

View this post on Instagram

Pulau Dodola Pulau Dodola di Maluku Utara, layak disebut sebagai surga. Pulau ini terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil.Ā  Kedua pulau ini hanya tersambung saat laut sedang surut dan membentuk jalan pasir. Pulau Dodola terletak di sebelah barat Pulau Morotai. Dari Tobelo, perjalanan ditempuh menuju daruba, dan dilanjutkan dengan menggunakan seedboat menuju Pulau Dodola yang memakan waktu tempuh sekitar 20 menit. Pulau Dodola sebenarnya terbagi 2, yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Keindahan kedua pulaunya tidak berbeda jauh. Pasir pantainya sangat putih dan sehalus bubuk, dijamin kamu betah berlama-lama berjemur di pinggir pantainya. Pemandangan lautnya yang hijau, jernih dan kebiru-biruan, akan menambah rasa kagum Anda. Uniknya, jika sedang surut, kedua pulau ini terhubungkan oleh pasir putih. Ya, pasir putih tersebut seolah jembatan tersembunyi. Pulau Galo-galo, Pulau Morotai Maluku Utara Spot Dive Pulau Galo-galo Pulau di selatan Daruba ini adalah salah satu pulau kecil berpenghuni yang bukan hanya menawarkan keindahan alam pasir putih, tetapi juga menawarkan keramahan penduduknya. Kalian bisa mengadakan acara kecil-kecilan bakar ikan di tepi pantai, sambil melihat para penduduk yang berangkat ke kebun menggunakan perahu serta melihat para penduduk pulang dengan perahu-perahu yang terisi penuh rumput laut. Jika beruntung, bisa juga mendapati beberapa masyarakat yang mengumpulkan pandan hutan (dalam bahasa lokal disebut buro-buro yang khusus di pulau ini tumbuhnya di tepi pantai) dan menganyam tikar dari daun pandan hutan yang sudah dikeringkan dengan cara dijemur. #pulaudodola #pulaudodolamorotai #morotai #morotaiisland #maluku #malukuutara #pulaumitita #exploremaluku #pulaukokoya #exploremalukuutara #exploreindonesia #wonderfullindonesia

A post shared by Triptrap liburan murah (@triptrapliburan) on

Inilah pulau paling populer di Morotai, yaitu Dodola Besar dan Dodola Kecil, yang menyambung saat air laut surut. Terdapat sebuahĀ resortĀ yang menawarkan penginapan dan kegiatan olahraga air, sepertiĀ banana boat, kano, dan jetski. Pulau Dodola memang yang paling siap memanjakan wisatawan.

Mendapat julukan Mutiara di Bibir Pasifik, Pulau Dodola menawarkan keindahan yang luar biasa. Pada pagi yang cerah, hamparan pasir putih yang membentang ratusan meter antara Dodola Besar dan Kecil menciptakan pemandangan yang sangat indah.

Setelah itu, tunggulah matahari terbenam. Berjalanlah ke arah belakang pulau dan nantikan senja yang dramatis. Senja terindah di Morotai.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

michael rosenbaum crisis on infinite earths

Akankah Michael Rosenbaum Juga Tampil di Episode Cross-over Crisis on Infinite Earths?

Rasa Gatal di Perut Saat Hamil? Ini 4 Cara Tepat Mengatasinya