in ,

Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Konsumsi Buah dan Sayuran Musiman?

Mengkonsumsi buah dan sayuran memiliki manfaat tersendiri, selain untuk kesehatan tubuh kita.

CakapCakapCakap People! Mengkonsumsi buah dan sayuran memiliki manfaat tersendiri, selain untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai buah dan sayuran seperti wortel, apel, jeruk, kiwi, dan banyak lagi tersedia berlimpah apalagi ketika musim tersebut telah datang.

Lalu, mengapa kita harus mengonsumsi sayur dan buah-buahan pada saat musimnya? Berikut adalah 4 alasannya yang telah dirangkum oleh laman Times Now News:

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh

Ilustrasi. Musim dingin adalah sumber buah-buahan yang kaya vitamin C seperti kiwi, apel, buah jeruk, dan banyak lagi. [Foto via Pixabay]

Kebutuhan nutrisi alami tubuh cenderung berubah seiring perubahan musim. Karena cuaca dingin, tubuh lebih rentan terhadap pilek, flu, dan kondisi kesehatan lainnya yang bisa berujung pada ketidaknyamanan. Situasi ini membutuhkan penguatan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi.

Dan apa yang bisa menjadi nutrisi yang lebih baik daripada vitamin C untuk meningkatkan kekebalan? Musim dingin adalah sumber buah-buahan yang kaya vitamin C seperti kiwi, apel, buah jeruk, dan banyak lagi. Ini dapat membantu memberikan nutrisi dan perlindungan yang dibutuhkan tubuh.

2. Berkelanjutan

Buah dan sayuran musiman dapat ditanam dengan mudah baik secara lokal maupun dalam skala besar. Kurangnya lingkungan produksi yang diinduksi secara artifisial, lebih sedikit transportasi, dan persyaratan pendinginan yang lebih rendah membuat konsumsi buah dan sayuran musiman lebih berkelanjutan.

3. Super segar

Ilustrasi. [Foto via Pixabay]

Buah dan sayuran musiman tersedia setelah baru dipanen yang dapat membantu mempertahankan nilai gizi dan kesegarannya.

4. Rasanya luar biasa

Buah-buahan dan sayuran musiman seringkali segar dan matang yang menambah rasanya secara signifikan.

5. Tidak akan membebani dompet

Buah-buahan dan sayuran yang diproduksi pada musim tersebut ditanam dalam keadaan alami. Hal ini menyebabkan mereka tersedia dalam jumlah besar sehingga menjaga keseimbangan permintaan dan penawaran, sehingga harganya cenderung tetap masuk akal. Misalnya, harga apel selama musim panas relatif lebih tinggi daripada harganya selama musim dingin. Ini karena ketersediaannya yang cukup mudah selama musim dingin.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Film MCU ‘Eternals’ Tidak Akan Dirilis di Beberapa Negara Timur Tengah; Ini Penyebabnya!

Direktur AIIMS: Polusi Udara Bisa Sebabkan Kasus COVID Parah dan Masalah Pernapasan