in ,

Inilah 10 Paspor Paling Kuat di Dunia Dekade Ini, Uni Emirat Arab (UAE) Puncaki Daftar

UEA juga berada di puncak daftar pemegang paspor terkuat untuk tahun 2020.

CakapCakapCakap People! Paspor yang paling kuat di dunia pada dekade ini sudah dirilis belum lama ini, dengan beberapa negara memberikan kejutan dengan bermigrasi di urutan teratas.

Menurut Passport Index Report, pemegang paspor Uni Emirat Arab (UEA) bisa melakukan perjalanan keliling dunia dengan kebebasan terbanyak sepanjang dekade terakhir. UEA juga berada di puncak daftar pemegang paspor terkuat untuk tahun 2020.

Dubai, Uni Emirat Arab. [Foto: Escape]

Laporan tersebut telah mengungkapkan bahwa sementara banyak negara Eropa, dan lainnya seperti Australia, Selandia Baru, Jepang dan Singapura, mempertahankan peringkat tinggi dalam historis mereka, pulau dan negara-negara Afrika kini telah naik dalam daftar teratas.

Negara-negara seperti Angola, Burundi dan Kepulauan Comoro telah lolos dari 10 terbawah selama dekade terakhir. Sementara Vanuatu dan Moldova, Ukraina telah melonjak lebih dari 100 persen dari kekuatan paspor asli mereka dari 2010.

Ada juga perombakan yang terjadi dari beberapa negara paling kuat di dunia. Pada tahun 2010 Inggris menduduki peringkat teratas dalam daftar peringkat tertinggi, tetapi pada tahun 2019 Inggris telah turun ke peringkat kelima dan berbagi peringkat baru dengan Kanada, Selandia Baru dan lima negara Eropa lainnya. Setelah Brexit, Inggris akan melihat kembali kejayaannya di masa lalu, atau bahkan bisa jatuh lebih rendah, kata laporan itu.

Amerika Serikat terlihat tidak masuk dalam lima besar paspor terkuat dekade ini.

“Di bawah Administrasi Trump, paspor Amerika tidak banyak mendapat perhatian,” kata laporan itu.

“Penguatan paspor AS harus pasti memiliki kualifikasi janji Trump untuk ‘Make America Great Again’ — tapi sayangnya, meningkatkan kebebasan mobilitas global untuk warganya telah diabaikan di bawah pemerintahannya”.

Bagaimana Menghitung Kekuatan Sebuah Paspor?

Ilustrasi paspor. [Foto: Escape]

Passport Index membandingkan paspor dari hampir 200 negara dan wilayah yang diakui PBB, memberi peringkat ‘global mobility’ mereka.

Ada tiga faktor yang digunakan untuk menentukan peringkat individu dari setiap paspor, di antaranya:

1. ‘Mobility Score’ (MS) dihitung, dengan menghitung jumlah negara lain yang mendapatkan akses paspor, termasuk visa-free (VF), visa on arrival (VOA), eTA dan eVisa (jika dikeluarkan dalam waktu 3 hari).

2. Bagian VF dari skor mereka kemudian dibandingkan dengan jumlah VOA.

3. Dalam hal skor genap, Indeks Pembangunan Manusia Program Pembangunan PBB 2018 (United Nations Development Programme Human Development Index 2018 (UNDP HDI) digunakan sebagai tolok ukur.

(UNDP HDI adalah ukuran signifikan pada persepsi negara di luar negeri).

Inilah daftar urutan 10 paspor paling kuat di dunia dalam dekade ini, seperti dilansir dari laman ESCAPE berikut ini:

1. UNI EMIRAT ARAB (UEA)

UEA memperoleh peningkatan paspor luar biasa sebesar 161 persen antara tahun 2010 dan 2019, dengan mendapatkan skor besar 110 dalam keringanan visa baru, dan 179 Mobility Score yang memecahkan rekor.

2. TAIWAN

Meskipun terjadi kekacauan politik dalam beberapa bulan terakhir, Taiwan naik peringkat 143 persen, dan memperoleh 79 keringanan visa antara 2010 dan 2019.

3. UKRAINE

Negara Eropa Timur ini memperoleh 69 keringanan visa, mencetak Mobility Score 141 pada 2019.

4. ALBANIA

Dengan 65 tujuan tambahan bebas visa dan visa-on-arrival untuk warganya, Albania bangkit. Meningkat 131 persen dari skor aslinya pada tahun 2010.

5. BOSNIA-HERZEGOVINA

Dengan 64 tambahan keringanan visa, negara Eropa tenggara ini naik menjadi 119 persen dari 2010 hingga 2019, dengan 118 Mobility Score.

6. GEORGIA & MOLDOVA

Kedua bekas republik Soviet ini memiliki ini memiliki kenaikan peringkat 110 persen setelah memperoleh 63 keringanan visa.

7. PALAU & MARSHALL ISLAND

Palau dan Kepulauan Marshall berbagi posisi ke-7, keduanya mendapatkan 58 keringanan visa dalam sepuluh tahun terakhir.

8. MICRONESIA

Negara Pasifik ini naik ke Mobility Score (MS) dari 116 setelah mendapatkan 57 keringanan visa.

9. TIMOR LESTE

Negara kepulauan Asia Tenggara ini memperoleh 55 keringanan visa, melonjak dari posisi ke-86 pada peringkat Global, ke posisi ke-48.

10. VANUATU

Negara kepulauan Pasifik Selatan ini menunjukkan peningkatan 70 persen dalam kekuatan paspornya setelah mendapatkan 53 keringanan visa.

Inilah rahasia keberhasilan UEA meraih posisi pertama sebagai negara dengan paspor terkuat dekade ini

Dubai, Uni Emirat Arab. [Foto: Escape]

Yang pertama-tama mencuri perhatian adalah Uni Emirat Arab (UEA) yang mayoritas 11 keringanan visanya diberikan dalam tiga tahun terakhir.

“Sejak dimulainya Passport Force Initiative pada 2017, Passport Index mengikuti dengan cermat dan mendokumentasikan kemajuan paspor UEA. Mereka bertujuan untuk bangkit dalam lima besar dan dicapai pada tiga tahun sebelumnya, momentum dan misi mereka tumbuh lebih kuat ketika mereka berusaha untuk mencapai tempat pertama sebelum akhir 2018,” laporan tersebut menjelaskan.

“Mengalahkan dan mempertahankan kepemimpinan selama lebih dari satu tahun hingga saat ini, kenaikan UEA yang meroket menjadi salah satu contoh paling menarik dari tujuan nasional yang berhasil dicapai.”

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tetap Sehat saat Banjir, Ini Tips yang Bisa Kamu Coba

Duh! Gaji CEO Apple Turun, Cuma Dapat Rp 1,8 T di Tahun 2019