in ,

Hati-hati, Keseringan Malas Gerak Bisa Sebabkan Parkinson di Masa Tua!

Parkinson adalah sejenis penyakit degeneratif yang bisa dialami oleh siapa saja

CakapCakap – Salah satu gejala penyakit parkinson adalah gejala tremor yang dirasakan saat istirahat. Parkinson sendiri adalah sejenis penyakit degeneratif yang bisa dialami oleh siapa saja lho Cakap People, tak pandang usia juga. Penyakit jenis ini menyerang saraf dan sebaiknya segera diatasi.

Parkinson bisa menyerang siapa saja mulai dari wanita ataupun laki-laki dan tidak memandang usia. Menurut data Kementrian Kesehatan, terdapat 1 dari 250 orang dengan usia 40 tahun ke atas dapat terkena yang namanya parkinson. Sementara 1 dari 600 lainnya dengan usia 65 tahun dapat mengidap jenis penyakit yang satu ini.

Ilustrasi orang lanjut usia via doktersehat.com

Mereka yang menderita parkinson awalnya akan mengeluh sulit bergerak hingga merasakan yang namanya kaku otot. Tidak hanya itu, namun tremor juga menjadi salah satu gejala yang sebaiknya diwaspadai.

Mengutip pemaparan dr. Frandy Susatia, SpS dari lansiran Okezone, penyebab parkinson sendiri bisa jadi karena alasan yang sepele seperti halnya sering malas untuk bergerak hingga malas berolahraga. Hal semacam ini dapat membuat kerja dari sel dopamin menjadi lebih lambat.

“Nah Parkinson bisa terjadi karena kekurangan dopamin, biasanya orang sering mager (malas gerak). Akibatnya pasien akan mengalami kekakuan, tangan atau kaki tiba-tiba bergetar, serta mengalami gangguan keseimbangan” ujar dr. Frandy Susatia, SpS yang juga merupakan Spesialias Saraf di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dokter Frandy juga menambahkan agar bisa menghilangkan gejala tersebut, maka pasien sebaiknya melakukan beberapa tahap untuk pengobatan. Adapun langkah awalnya adalah dengan diberikan obat oral setelah melakukan konsultasi dengan dokter saraf, pasien juga dapat disuntik botox ke dalam ototnya hingga disarankan untuk melakukan operasi otak.

Ilustrasi malas gerak via kompas.com

Ketika obat-obatan yang dianjurkan tidak mempan, maka operasi stimulasi otak akan disarankan. Adapun operasi tersebut menjadi standar baku untuk kesembuhan parkinson bahkan telah diakui oleh Food Drug Administration Amerika Serikat sejak waktu lama masih dari lansiran Okezone.

“Pasien dengan parkinson banyak yang berhasil melakukan operasi. Gejala-gejala seperti tremor, kekauan otot, sampai sulit gerak itu hilang setelah dioperasi,” menurut dokter Made yang juga merupakan Spesialis Bedah Saraf.

Nah bagi Cakap People yang tidak ingin terkena jenis penyakit yang satu ini, ada baiknya untuk tidak malas gerak ya. Lakukan olahraga ringan secara rutin dan konsumsi makanan sehat sebagai bentuk gaya hidup sehat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tak Terduga Sebelumnya, Ternyata Ini 7 Fungsi Kentang yang Jarang Orang Ketahui!

Takut Kolesterol? Jangan Khawatir, 5 Makanan Ini Akan Bantu Menurunkannya