in ,

Duh! Akun Bos Facebook Ternyata Juga Jadi Korban Hacker

CakapCakap – Facebook menjadi media sosial yang paling populer di dunia saat ini, bahkan sejak sebelum kehadiran Twitter dan Instagram. Bisa dibilang hampir semua pengguna internet di dunia pasti mengenal Facebook, dan bahkan Cakap People juga tentu sudah memiliki akun di media sosial ini. Makanya, tak heran jika Facebook pun sering mengalami serangan hacker yang mencoba untuk meretas sejumlah akun milik pengguna, dengan tujuan untuk menguasainya dan disalahgunakan.

Menariknya, ternyata akun milik bos Facebook, Mark Zuckerberg pun pernah menjadi korban dari hacker ini. Seperti dilaporkan oleh MediaIndonesia.com, Senin (1/10/2018), juru bicara Facebook menyebut bahwa akun Facebook milik Zuckerbeg turut menjadi salah satu korban dari 50 juta akun pengguna yang coba diretas hacker pada akhir pekan lalu. Begitu pula dengan akun milik COO Sheryl Sandberg dan akun petinggi Facebook di Eropa Nicola Mendelsohn yang juga turur menjadi sasaran.

Ilustrasi hacker mencoba untuk meretas 50 juta akun pengguna Facebook, akhir September 2018 via https://sebarr.com/wp-content/uploads/2018/10/Hacker-facebook.jpg

Menghadapi masalah itu, Facebook terpaksa me-reset token akses pada akun yang coba diretas agar keamanannya bisa terlindungi. Alhasil, para pengguna pun harus melakukan login kembali ke akun Facebook mereka, atau pada aplikasi apa pun yang mengharuskan Login Facebook. Jika akun kamu juga menjadi salah satu yang ikut menjadi sasaran peretas, maka setelah melakukan login kamu akan mendapatkan pemberitahuan pada bagian atas News Feed tentang masalah apa yang telah terjadi.

“Ini adalah masalah serius. Hanya kami tak tahu apakah ada akun yang benar-benar disalahgunakan oleh para peretas,” ungkap Zuckerberg dilansir CNNIndonesia.com. Facebook mengungkapkan ada 50 juta akun penggunanya yang dibobol peretas pada Jumat (28/9). Menurutnya, upaya peretasan itu sendiri baru diketahui setelah pihaknya menemukan ada pelanggaran yang janggal sejak Selasa (25/9/2018). Hakcer mencoba membobol tiga peranti lunak demi mengambil alih token.

Namun, pihak Facebook berhasil menghentikannya tepat dua hari kemudian, Kamis (27/9/2018). Kini Facebook juga sudah menghapus fitur View As pada laman akun pengguna, yang sebelumnya berfungsi sebagai alat privasi yang memungkinkan pengguna melihat profil mereka sendiri untuk dilihat oleh orang lain. Nah, bagaimana dengan akun Facebook milik Cakap People[ED/YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Simak! Inilah Rekomendasi Evakuasi Kendaraan Pasca #GempaPalu

Rawan Bencana! Helikopter Jenis Ini Harus Dimiliki Indonesia