in ,

Ditembak Saat Pidato, Ini 5 Fakta soal Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Shinzo Abe merupakan Perdana Menteri Jepang terlama. Namun pada 2020 ia memutuskan untuk mengundurkan diri karena masalah kesehatan, ia menderita penyakit kolitis Ulseratif atau penyakit usus.

CakapCakapCakap People! Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe ditembak saat memberikan pidato kampanye di Jepang barat sekitar pukul 11.30, pada Jumat, 8 Juli 2022. Dia ditembak di bagian dada dan leher, dan polisi berhasil menangkap pelaku di tempat kejadian.

Setelah ditembak, Abe sempat pingsan dan kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Namun kemudian, Abe dilaporkan meninggal dunia pada Jumat, 8 Juli 2022.

Shinzo Abe merupakan Perdana Menteri Jepang terlama. Namun pada 2020 ia memutuskan untuk mengundurkan diri karena masalah kesehatan, ia menderita penyakit kolitis Ulseratif atau penyakit usus.

Ditembak Saat Pidato, Ini 5 Fakta soal Mantan PM Jepang Shinzo Abe
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe [Foto: Reuters]

Berikut beberapa fakta tentang Shinzo Abe dan kronologi penembakan yang melibatkan mantan Perdana Menteri Jepang itu, seperti dilansir dari US News, sebagai berikut:

1. Kronologi dan Identitas Pelaku

Pelaku penembakan adalah seorang pria bernama Tetsuya Yamagami merupakan seorang pria yang tinggal di daerah kota Nara, pelaku diperkirakan berusia 41 tahun dan merupakan mantan seorang tentara.

Pelaku langsung ditangkap oleh pihak keamanan dan akan didakwa dengan kasus percobaan pembunuhan.

2. Perdana Menteri Terlama

Shinzo Abe merupakan perdana menteri terlama, Pada Desember 2012 dan memundurkan diri pada 2020 karena masalah kesehatan. Shinzo Abe sebelumnya pernah terpilih pada 2006 dan mengundurkan diri pada 2007 dengan alasan yang sama yaitu kesehatan.

Ia merupakan berasal dari keluarga yang berpolitiK. Ayahnya adalah merupakan mantan Menteri Luar Negeri, sementara Kakeknya pernah menjabat sebagai Perdana Menteri. Shinzo Abe juga merupakan Perdana Menteri pertama yang lahir setelah Perang Dunia II.

3. Perdana Menteri Pertama yang Berkunjung ke USS Arizona

Shinzo Abe merupakan Perdana Menteri Jepang pertama yang telah mengunjungi tugu peringatan USS Arizona, merupakan sebuah kapal perang yang telah menewaskan 1.177 Angkatan Laut Jepang dan Angkatan Laut AS selama serangan di Pearl Harbor pada tahun 1941.

Namun, dia adalah perdana menteri keempat yang mengunjungi Pearl Harbor. Pada 2015, Shinzo Abe mengakui kerusakan yang terjadi pada Perang Dunia II, tetapi ia mengatakan ke generasi Jepang masa depan tidak harus terus meminta maaf atas tragedi di Perang Dunia II

4. Perdana Menteri Pertama yang Bertemu Presiden AS

Shinzo Abe merupakan pemimpin asing pertama yang bertemu dengan Presiden AS, Donald Trump pada November lalu di Trump Tower. Dia juga pemimpin asing pertama yang mengunjungi AS untuk serangkaian pertemuan dengan Donald Trump. Perdana Menteri Inggris Theresa May bertemu dengan Donald Trump pada bulan Januari selama satu hari.

Selain itu juga, Shinzo Abe terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Jepang pada 1993 dan sekarang menjabat sebagai presiden Partai Demokrat Liberal di Jepang.

5. Gesekan Jepang dan China

Di bawah kekuasan Perdana Menteri Shinzo Abe, Jepang mengirimkan kapal perang terbesarnya ke Laut Cina Selatan sebagai unjuk kekuatan militer Jepang. China mengklaim hak atas sebagian besar jalur air yang disengketakan meskipun ada protes dari Vietnam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Brunei.

Hubungan Jepang dengan China tegang karena sengketa wilayah di Laut China Timur. Selama pertemuan di Washington, Shinzo Abe dan Donald Trump menegaskan bagian dari perjanjian AS-Jepang yang mengakui pemerintahan Jepang atas Kepulauan Senkaku di Laut China Timur.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Kebiasaan Ini Picu Flek Hitam di Usia Muda, Jarang Disadari

5 Kebiasaan Ini Picu Flek Hitam di Usia Muda, Jarang Disadari

Satai Kambing Bisa Empuk dan Bebas Bau Prengus, Ini Rahasianya!

Satai Kambing Bisa Empuk dan Bebas Bau Prengus, Ini Rahasianya!