in ,

Dengar Musik Yoga Sebelum Tidur Ternyata Bagus untuk Jantung

CakapCakap – Penyakit jantung jadi salah satu penyakit yang paling berbahaya dan sudah banyak membunuh manusia di seluruh dunia. Bahkan, trennya pun terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Buat Cakap People yang ingin jantungnya tetap sehat, sepertinya bisa mencoba tips yang satu ini. Mendengarkan musik yoga sebelum tidur ternyata diketahui sangat bagus untuk kesehatan jantung. Hal ini bukanlah sekadar tips biasa, karena sudah diteliti oleh sejumlah peneliti dari India.

Seperti dilansir oleh Metro TV News, Minggu (2/9/2018), para peneliti dari India tersebut mencoba mencari tahu pengaruh mendengarkan jenis musik yang berbeda sebelum tidur terhadap tingkat kecemasan dan kesejahteraan manusia secara umum. Hasil penelitian itu kemudian menyimpulkan bahwa tingkat kecemasan seseorang rupanya akan cenderung menurun saat mendengarkan musik yang tenang sebelum tidur. Hal ini berbeda jika mendengarkan musim upbeat atau tidak sama sekali.

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja dan kapan saja via Detik.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan melibatkan sebanyak 149 orang dengan kesehatan baik dan berusia sekitar 26 tahun. Mereka semua mengikuti tiga sesi tidur dalam tiga malam, di mana pada sesi pertama mendengarkan musik tenang seperti musik di kelas yoga sebelum tidur. Kemudian, mendengarkan musik pop dengan ketukan sedang pada sesi malam kedua, dan di malam terakhir tanpa mendengarkan musik sama sekali. Kondisi para partisipan itu pun lalu diteliti selama lima menit sebelum musik dimulai, 10 menit selama musik bermain, dan selama lima menit setelahnya.

Hasilnya, para peneliti ini menemukan fakta bahwa variabilitas denyut jantung peserta penelitian mengalami peningkatan selama mendengarkan musik yoga, lalu turun selama musik pop, dan tetap sama ketika tidak ada musik yang dimainkan. Selanjutnya, para ilmuwan ini menggunakan Skala Kecemasan Goldberg untuk mengukur tingkat kecemasan objek penelitian sebelum dan sesudah setiap sesi tidur tersebut. Mereka mencatat tingkat kecemasan partisipan menurun secara drastis saat musik yoga berlangsung, serta meningkat saat mendengarkan musik pop dan periode diam.

Nah, apakah Cakap People mau mencobanya, agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik? [YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wah, Atlet Peraih Medali Asian Games 2018 Langsung Jadi PNS!

Perkenalkan 5 Festival Cokelat dari Berbagai Negara, Salah Satunya Indonesia