in ,

Hati-hati, Serangan Jantung Lebih Sering Terjadi di Pagi Hari

Penyakit jantung memang sekarang menjadi salah satu penyebab kematian yang cukup serius. Di tahun 2016 diperkirakan ada 17,7 orang yang meninggal akibat serangan jantung. Dari total jumlah itu, sekitar 80 persennya disebabkan serangan jantung mendadak. Namun penelitian lebih lanjut menjelaskan kalo serangan jantung mendadak itu sering terjadi pada pagi hari. Kenapa bisa begitu?

Serangan jantung adalah penyakit yang terjadi saat pembulu darah mengalami penyumbatan karena lemak yang menumpuk. Lemak akan membuat aliran darah menjadi nggak lancar dan jantung akan kekurangan oksigen dan asupan makanan. Inilah yang membuat otot jantung menjadi rusak atau mati hingga nggak nggak sanggup memompa darah lagi.

Memang kondisi kayak gini bisa terjadi kapan aja dan di mana aja, tapi para peneliti menemukan fakta bahwa serangan jantung ini lebih sering ditemukan pada pagi hari. Dari 12 ribu kaus penyakit jantung, ditemui waktu yang sama yaitu pagi hari.

Pertanda serangan jantung via http://alodokter.com

Ternyata hal ini dilatar belakangi oleh jam biologis tubuh manusia. Pada pagi hari, tubuh manusia akan mulai mempersiapkan semua organ tubuh untuk kembali bekerja setelah beristirahat di malam harinya. Organ-organ tubuh ini akan melakukan pemanasan di pagi hari dan kegiatan ini terjadi dengan cara memompa darah lebih cepat dari biasanya. Saat pagi hari juga ukuran pembulu darah mengecil sehingga aliran darah yang dipompa harus lewat pembuluh darah yang masih kecil yang bikin jantung bekerja lebih keras. Nah, kalo saat pemompaan di pagi hari ini melewati pebuluh darah yang tersumbat, bisa dibayangin dong serangan jantung adalah resiko yang mungkin terjadi.

Kasus serangan jantung sering dijumpai terjadi pada pagi hari via http://meetdoctor.com

Sebenarnya sebelum serangan jantung fatal terjadi, biasanya selalu ditandai dengan beberapa gejala umum yang bisa dipahami. Jadi kamu bisa mengambil tindakan cepat setelah mendapatkan tanda-tanda semisal sulit bernafas tiba-tiba, dada menjadi nggak nyaman, lengan dan leher sakit, keringat dingin, mual, dan kepala terasa ringan. Kalo kamu merasakan hal ini di pagi hari, coba segera periksakan diri ke dokter, bisa jadi ini adalah gejala awal serangan jantung yang mungkin bisa lebih cepat ditangani tim medis.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hoax Tentang Komputer dan Smartphone yang Harus Diluruskan

4 Pantangan yang Harus Kamu Taati Saat Sedang Diet