in ,

Dapat Sanksi Tambahan dari China, Perwakilan Taiwan di AS: Wow

China menganggap Taiwan sebagai wilayahnya dan bukan negara yang terpisah.

CakapCakapCakap People! China memberlakukan sanksi tambahan terhadap Hsiao Bi-khim, duta besar de facto Taiwan untuk Amerika Serikat (AS), dengan melarang dia dan anggota keluarganya memasuki daratan, Hong Kong dan Makau.

Sanksi, yang diumumkan oleh Kantor Urusan Taiwan China, juga melarang investor dan perusahaan yang terkait dengan Hsiao untuk bekerja sama dengan organisasi dan individu daratan, demikian dilaporkan media pemerintah China, Jumat, 7 April 2023, seperti dikutip Reuters.

Dapat Sanksi Tambahan dari China, Perwakilan Taiwan di AS: Wow
Hsiao Bi-khim, perwakilan utama Taiwan di AS berbicara selama acara dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan anggota komunitas Taiwan, di New York, AS, dalam gambar selebaran yang dirilis 30 Maret 2023. Kantor Kepresidenan Taiwan/Selebaran via REUTERS

Sanksi dijatuhkan setelah pertemuan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy saat singgah di Amerika Serikat minggu ini.

“Wow, RRC (Republik Rakyat China) baru saja memberikan sanksi kepada saya lagi, untuk kedua kalinya,” cuit Hsiao menanggapi pengumuman tersebut.

Kementerian Luar Negeri China juga mengumumkan langkah-langkah terhadap Institut Hudson Amerika Serikat dan Perpustakaan Reagan dan kepala mereka, dengan mengatakan bahwa kedua institusi tersebut menyediakan platform dan fasilitas untuk apa yang disebut aktivitas separatis Tsai.

Kementerian Luar Negeri Taiwan bereaksi dengan marah, mengatakan China tidak punya hak untuk “ikut campur” terhadap perjalanan luar negeri Tsai dan bahwa Beijing “menipu dirinya sendiri” jika mengira sanksi itu akan berdampak.

“Itu tidak hanya memperdalam antipati rakyat kami tetapi juga mengungkap sifat irasional dan konyol dari rezim komunis,” katanya.

China menganggap Taiwan sebagai wilayahnya dan bukan negara yang terpisah. Pemerintah Taiwan membantah klaim China.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan membatasi universitas, institusi, dan organisasi serta individu lain di China untuk terlibat dan bekerja sama dengan Institut Hudson dan Perpustakaan Reagan serta para pemimpin mereka.

China juga melarang para pemimpin lembaga itu memasuki negara, dan membekukan semua properti mereka di China, katanya.

Sanksi China akan memiliki dampak praktis yang kecil karena pejabat senior Taiwan tidak mengunjungi China sementara pengadilan China tidak memiliki yurisdiksi di Taiwan.

Klik DI SINI untuk melanjutkan membaca, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Dapat Kartu Kuning, Segini Dana FIFA RI yang Dibekukan

Dapat Kartu Kuning, Segini Dana FIFA RI yang Dibekukan

Kenapa Israel Ingin Merebut Masjid Al-Aqsa?

Kenapa Israel Ingin Merebut Masjid Al-Aqsa?