in ,

Bukan Plastik, Semua Sayuran di Salah Satu Supermarket Thailand Ini Dikemas Pakai Daun Pisang

Kurangi pemakaian plastik, sayuran di supermarket Thailand dibungkus pakai daun pisang

CakapCakap – Penggunaan plastik bisa ditemukan pada hampir setiap belanjaan. Seperti halnya saat Cakap People pergi ke supermarket. Di sana, kamu bisa menemukan plastik yang digunakan untuk membungkus makanan, membungkus sayuran hingga digunakan untuk kantong belanjaan. Benar begitu bukan?

Namun tahukah kamu jika ada yang unik yang bisa kamu temukan di negara Thailand terkait hal ini? Ide kreatif yang mereka tampilkan mampu membuat supermarket ini viral. Adalah supermarket yang terletak di kota Chiangmai. Ia menggunakan daun pisang yang digunakan untuk membungkus semua produk sayurannya.

Sayuran dengan pembungkus daun pisang via trubus.id

Membungkus sayur atau makanan dengan daun pisang mungkin sudah sering kamu temui di pasar tradisional. Meski demikian, pemandangan yang satu ini masih terbilang langka jika dilakukan pada sebuah pasar modern seperti supermarket.

Rimping menjadi supermarket pertama yang ada di kota Chiangmai yang mengganti plastiknya menggunakan daun pisang. Supermarket yang satu ini juga menambahkan berupa sticker “pesticide safe”

Adapun tanda ini digunakan jika daun pisang tersebut aman digunakan serta bebas dari pestisida. Keberadaan sticker barcodepun, bisa ditemukan pada produk yang dijual tersebut.

Sayur berbungkus daun pisang via kompas.com

Sama seperti di Indonesia, daun pisang seringkali digunakan sebagai pembungkus makanan di Thailand. Daun pisang juga mudah ditemukan lantaran banyaknya pohon pisang disana. Thailand bahkan memiliki 30 varietas buah pisang dengan pasokan yang cukup berlimpah. Dengan demikian, tidak heran jika daun pisang tidaklah menjadi barang yang sulit ditemukan.

Selain di Thailand, kamu juga bisa lho menemukan supermarket di Indonesia yang melakukan hal yang sama. Adalah Bintang Supermarket yang terlletak di Ubud. Penggunaan daun pisang tersebut bahkan telah dilakukan sejak January 2019 yang lalu.

Sayur yang berbungkus daun di salah satu supermarket Thailand via tribunnews.com

Penggunaan daun pisang sebagai pengganti plastik sendiri merupakan hal yang patut dicontoh. Kamu harus tahu jika banyaknya produk yang menggunakan plastik sebagai pembungkusnya membuat banyak sampah plastik berserakan di lingkungan. Belum lagi gangguan sampah plastik yang membuat ekosistem laut menjadi terancam.

Jika Cakap People sayang dengan bumi yang kamu tinggali, yuk mulai sekarang kurangi penggunaan sampah plastik. Kamu bisa memulainya dnegan hal kecil seperti membawa kantong sendiri untuk belanjaanmu di supermarket.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Sepatu Indomie x Nike Jordan 1 dalam Bentuk Custom

Wow! Avengers: Endgame Mendominasi Penghargaan MTV Movie dan TV Awards