in ,

Benarkah Bawang yang Telah Diiris dan Dibiarkan Lama Dapat Beracun?

CakapCakap – Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat memberikan cita rasa sedap pada masakan. Jika pada masakan tak disertakan bawang, rasanya ada yang kurang dari masakan tersebut. Benarkan Cakap People? Kita mengenal beberapa macam bawang, seperti bawang merah, bawang putih hingga bawang bombay. Jenis-jenis bawang tersebut seolah menjadikan masakan terasa lebih lezat.

Namun, ada beberapa yang menganggap jika bawang telah dicincang, diiris hingga dipotong-potong maka harus segera dimasak. Sebab, bawang yang dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan timbulnya racun pada makanan yang diolah. Lantas, benarkah anggapan tersebut? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini!

Anggapan yang beredar

Bawang dicincang via Kinibisa.com

Setelah bawang dicincang dan terpapar oleh udara dalam jangka waktu yang terbilang lama, umumnya warna bawang akan berubah. Bahkan seolah tingkat kesegarannya pun akan menyusut. Oleh karena itu, ada baiknya jika setelah diiris maka bawang harus segera dimasak. Banyak orang yang menganggap, apabila potongan bawang dibiarkan begitu saja maka dapat mengumpulkan bakteri. Hingga akhirnya bisa berbahaya bagi kesehatan dan memicu racun saat dikonsumsi.

Padahal bawang memiliki sifat anti bakteri serta berguna sebagai obat alami apabila dikonsumsi secara langsung. Tetapi, tak ada yang tahu efeknya jika bawang sudah lama terpapar oleh udara ketika telah dipotong-potong.

Penjelasan ilmiah

Bawang merah via Doktersehat.com

Sebenarnya, tidak ada bukti secara ilmiah atas anggapan yang beredar di tengah masyarakat tersebut. Terlebih, bawang punya susunan kimiawi yang tak mendukung adanya pertumbuhan bakteri. Selain itu, pH bawang juga cukup rendah serta punya sifat asam dan protein rendah. Sehingga, bawang dinilai bukan tempat baik untuk berkembangnya bakteri, patogen hingga virus. Malah bawang punya senyawa yang bersifat anti bakteri.

Ketika dipotong, maka bawang akan mengeluarkan air yang bisa membunuh serta mencegah beberapa tipe mikroorganisme. Termasuk jika mikroorganisme tersebut berpotensi sebabkan keracunan makanan untuk kita. Sehingga, tidak benar jika bawang yang telah diiris, dicincang maupun dipotong-potong bisa sebabkan keracunan. Lebih tepatnya, bawang yang telah dipotong-potong serta dibiarkan dalam waktu lama dan tak segera dimasak maka bisa berubah jadi layu dan tak segar lagi.

Jadi, anggapan yang selama ini beredar di tengah masyarakat kurang tepat Cakap People. Sebab, sebenarnya bawang malah memiliki sifat anti bakteri yang dapat melawan kuman dan virus dalam tubuh kita. Namun, hendaknya saat bawang sudah dicincang maupun dipotong langsung diolah saja agar tidak layu dan masih segar. Tentu ini akan menciptakan cita rasa yang lebih lezat pada masakan kamu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Bersihkan Rumah Itu Tak Sulit, 4 Cara Ini yang Membuatnya Mudah!

Indonesia Intai Aksi LGBT dengan Software Ini, Benarkah?