in ,

Aman di Jalan! Mobil Ini Bisa Deteksi Sopir Mengantuk

CakapCakap – Teknologi otomotif terus berkembang seiring dengan lahirnya berbagai penemuan canggih di berbagai negara. Cakap People pun tentunya mungkin sudah pernah mengetahui soal mobil listrik, dan kemudian disusul mobil terbang yang saat ini sedang dikembangkan di sejumlah negara. Nah, selain itu juga masih ada banyak teknologi canggih lainnya yang dibuat oleh sejumlah perusahaan otomotif besar di dunia untuk memberikan kenyamanan lebih bagi para pengendaranya.

Seperti yang dilaporkan Okezone.com, kini sudah ada pula teknologi otomotif yang bisa mendeteksi sopir yang sedang mengantuk saat mengendarai mobil. Teknologi ini telah berhasil dikembangkan oleh pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai, dinamakan DDREM (Departed Driver Rescue & Exit Maneuver). Teknologi canggih untuk mobil masa depan tersebut pun sudah pula diperkenalkan dalam acara Consumer Electrics Show (CES) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Prototipe teknologi DDREM yang dikembangkan Hyundai, untuk mendeteksi sopir mengantuk saat mengendarai mobil via Berita Terpercaya.

Pada teknologi ini, Hyundai menggunakan kamera inframerah untuk memantau sopir, dan kemudian melakukan analisis untuk memastikan apakah sopir dalam keadaan mengantuk atau tidak. Teknologi ini sendiri bekerja dengan cara melihat gerakan wajah dan mata sopir untuk mendeteksi tanda-tanda mengantuk. Menariknya, jika teknologi ini menilai sopir dalam kondisi mengantuk, maka mobil pun secara otomotis akan beralih pada kendali mode otonom level empat di mana mobil berjalan sendiri.

Sebelumnya, menurut laporan Semisena.com, teknologi hampir serupa juga pernah dikembangkan oleh konsorsium teknologi Eropa, Harken. Perusahaan tersebut membuat alarm otomatis yang akan menyala ketika sopir terlihat sedang mengantuk. Hampir sama, teknologi itu juga akan membaca kondisi sopir, dan kemudian alarm pun akan menyala jika sopir tiba-tiba tertidur. Namun, alarm tak akan membuat sopir terkejut, melainkan membantunya agar bisa ‘on’ kembali saat mengemudi.

Jika dibandingkan, teknologi yang dikembangkan Hyundai memang sudah lebih canggih. Pasalnya, teknologi mereka tak hanya bisa mengendalikan mobil secara otomatis saat sopir tertidur, tapi juga akan mencari tempat aman untuk berhenti hingga sopir terbangun. Tapi, Cakap People harus sabar untuk melihat kecanggihan itu, karena Hyundai baru akan menyelesaikannya pada 2022 mendatang. [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kesal Sepeda Motor Tiba-Tiba Mogok? Ini Penyebabnya!

Jangan Tunggu Lagi! Lakukan 7 Hal Ini dari Sekarang Demi Masa Tua Bahagia