in ,

Aktivitas Fisik Bisa Tangkal 5 Penyakit Kronis, Begini Caranya!

CakapCakap – Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat bermanfaat bagi manusia dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Cakap People pun pasti akan melakukan dengan rutin dan teratur jika sudah merasakan manfaat luar biasa dari olahraga. Berbagai aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh manusia memang diketahui dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Bahkan, aktivitas fisik secara rutin pun juga bisa membantu menangkal berbagai penyakit.

Aktivitas fisik ternyata mampu membantu menangkal 5 jenis penyakit kronis. Via okezone.com

Sejumlah peneliti di Amerika Serikat dan Australia ternyata sudah melakukan analisis terhadap 174 penelitian yang dipublikasikan mulai dari tahun 1980 hingga 2016 yang meneliti efek aktivitas fisik terhadap 5 penyakit kronis, seperti kanker payudara, kanker usus besar, diabetes, penyakit jantung dan stroke. Dilaporkan laman Suara.com, peneliti menemukan fakta 5 penyakit itu bisa ditangkal jika melakukan aktivitas fisik dengan tingkat metabolik 3000-4000 (MET) per menit selama seminggu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat pun merekomendasikan berbagai aktivitas fisik, mulai dari berjalan kaki, menemani anjing berlari, bersepeda, mendaki gunung atau menari. Agar rekomendasi tadi bisa dicapai, seseorang bisa memasukkan aktivitas fisik dalam tugas sehari-hari, seperti naik tangga selama 10 menit, menyapu rumah 15 menit, berkebun 20 menit, berjalan kaki 20 menit, atau bersepeda 25 menit. “Dengan peningkatan jumlah kematian akibat penyakit kardiovaskular dan diabetes sejak tahun 1990, maka intervensi pencegahan harus dilakukan salah satunya dengan membuat tubuh bergerak setiap hari,” ungkap para peneliti tersebut pula.

Membersihkan rumah sendiri juga bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas fisik yang bisa dilakukan setiap hari. Via smartmama.com

Menurut catatan WHO, minimnya aktivitas fisik menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia yang menempati peringkat 4, dilaporkan Kompas.com. Sedang di Indonesia, Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan bahwa 26,1 persen penduduk Indonesia masih kurang aktivitas fisik, bahkan 44,2 persen penduduk usia atas 10 tahun di DKI Jakarta termasuk kurang aktif. Padahal, aktivitas fisik dengan intensitas sedang minimal 30 menit setiap hari atau 150 menit per minggu secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit tidak menular dan risiko penyakit kronis.

“Aktivitas fisik memainkan peran penting dalam kesehatan kardiovaskular. Penelitian memprediksi setiap penambahan 2 jam duduk dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 5 persen,” ungkap dr Simon Salim, MKes, SpPD, AIFO. Fakta ini harus jadi perhatian Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Rekomendasi 4 Jenis Celana Anti Monoton Untuk Pergi ke Kantor, Wajib Coba!

Mau Tubuh Berotot? Coba Lakukan Cara Sederhana Ini!