in ,

ABBA Puncaki Tangga Lagu Inggris dengan Album Studio Pertama Setelah 40 Tahun

‘Voyage’ adalah album studio pertama ABBA sejak ‘The Visitor’ 1981, setahun sebelum mereka memutuskan berpisah

CakapCakapCakap People! Album studio pertama ABBA dalam hampir 40 tahun telah memuncaki tangga lagu Inggris, menjadi album dengan penjualan tercepat tahun ini sejauh ini. Demikian diungkapkan Official Charts Company pada hari Jumat, 12 November 2021.

Album “Voyage” milik kuartet asal Swedia ini mencatatkan penjualan sebanyak 204.000 kopi album yang ditunjukkan dalan grafik penjualan dalam tujuh hari sejak album itu dirils pada Jumat, 5 November 2021, melansir Japan Today.

‘Voyage’ adalah album studio pertama ABBA sejak ‘The Visitor’ 1981, setahun sebelum mereka berpisah [Foto: EPU/AFP/File]

Penjualan album tersebut memberikan ABBA pekan pembukaan terbesar di tangga album Inggris dalam empat tahun sejak album “Divide” milik Ed Sheeran, dan album dengan penjualan tercepat oleh grup dalam delapan tahun.

Penjualan tercepat terakhir adalah diraih One Direction lewat album “Midnight Memories” pada November 2013.

ABBA, didorong ke ketenaran global dengan kemenangan mereka atas Kontes Lagu Eurovision 1974 dengan lagu berjudul “Waterloo”, memutuskan berpisah pada tahun 1982, setahun setelah album terakhir mereka, “The Visitor”.

“Voyage” adalah album nomor satu ke-10 mereka di Inggris: hanya tujuh band lainnya — The Beatles, Elvis Presley, The Rolling Stones, Robbie Williams, Madonna, Bruce Springsteen, dan David Bowie — yang memiliki lebih banyak album nomor satu.

Grup tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami sangat senang bahwa penggemar kami tampaknya telah menikmati album baru kami sama seperti kami menikmati saat membuatnya.

“Kami benar-benar bersemangat untuk memiliki album di puncak tangga lagu lagi.”

Penjualan 204.000 itu terdiri dari 90 persen kopi fisik, termasuk 29.900 kopi vinyl, menjadikannya rilis vinyl dengan penjualan tercepat di abad ke-21.

Pemegang rekor sebelumnya adalah “Tranquility Base Hotel & Casino” dari Arctic Monkeys, yang menjual 24.500 kopi vinyl pada tahun 2018.

‘Voyage’ adalah album studio pertama ABBA sejak ‘The Visitor’ yang dirilis pada 1981, setahun sebelum mereka memutuskan berpisah.

Album comeback ABBA, Voyage, telah terjual secara pre-order sebanyak 80 ribu keping. Catatan tersebut jadi rekor tersendiri. [Foto: Tangkapan Layar Instagram/@ABBA]

Sebagaimana diketahui sebelumbya, penjualan pre-order untuk album comeback grup musik asal Swedia ABBA ini telah memecahkan rekor di Inggris. Album bertajuk ‘Voyage’ tersebut telah terjual secara pre-order sebanyak 80 ribu kopi hanya dalam tiga hari, NME melaporkan seperti yang dilansir CNN.

Universal Music UK, label yang menaungi ABBA, mengklaim pre-order album tersebut telah memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh Take That, grup musik pop asal Inggris, untuk album Progress dan III mereka.

Sebelumnya,grup yang populer lewat tembang Dancing Queen ini telah merilis lagu I Still Have The Faith In You dan Don’t Shut Me Down pada Jumat, 3 September 2021. Dua lagu tersebut merupakan bagian dari album Voyage yang yang rilis pada Jumat, 5 November 2021.

Kembalinya ABBA telah direncanakan setidaknya sejak 2017 ketika mereka pertama kali mengumumkan rencana untuk tur virtual, namun rencana tersebut ditunda.

Pada 2018, keempat anggota ABBA mengumumkan akan merilis lagu setelah 35 tahun. Namun lagu tersebut sudah lama ditunda perilisannya.

Di tahun 2021 mereka akhirnya merilis dua lagu. Dua lagu tersebut dikembangkan hingga menjadi satu album penuh bernama Voyage.

ABBA merupakan grup musik yang terbentuk pada 1972 dan digawangi Agnetha Fältskog, Björn Ulvaeus, Benny Andersson, dan Anni-Frid Lyngstad. Nama ABBA sendiri merupakan singkatan dari nama empat personelnya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Singapura Laporkan 3.099 Kasus COVID-19 dan 14 Kemaatian pada Jumat

Diabetes Bisa Sebabkan Kehilangan Penglihatan atau Kebutaan Akibat Retinopati Diabetik