in ,

7 Tradisi Unik Masyarakat Tionghoa Menyambut Imlek

Perayaan tahun baru Imlek memang identik dengan keunikan tradisi masyarakat Tionghoa yang sudah mendarah daging. Biasanya pada perayaan Sin Cia atau Imlek ini, dilakukan beberapa kegiatan seperti tradisi sembahyang bersama, serta perayaan Cap Go Meh sebagai bentuk ungkapan syukur untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah. Selain itu, tradisi dalam Imlek juga dilakukan untuk menyambung silaturahmi dari keluarga besar yang sudah lama tidak berkumpul.

Tradisi pergantian tahun khas Tionghoa ini ternyata juga banyak melakukan kegiatan unik lho! Sebelumnya, tradisi ini sempat dilarang di Indonesia. Hingga pada masa pemerintahan mantan Presiden Abdurahman Wahid, perayaan Imlek diperbolehkan di Indonesia. Nah, apa saja tradisi unik khas Imlek yang sering kali dilakukan saat menyambut tahun baru itu ya? Yuk simak!

1. Unsur Warna Merah

tradisi Imlek serba merah via timeout.com

Sudah bukan rahasia bila Imlek selalu identik dengan warna merah menyala serta kuning keemasan. Mulai dari lampion, kelenteng, hingga rumah warga etnis Tionghoa selalu dihias dengan warna ini. Nah, salah satu alasannya adalah karena warna merah merupakan penghalang bagi Nian, sejenis makhluk buas di dasar laut yang akan mengganggu manusia ketika Imlek tiba. Dengan menghias rumah menggunakan warna merah, diyakini Nian akan bisa diusir dengan mudah.

2. Membersihkan Rumah

ritual bersih-bersihrumah saat Imlek via msn.com

Bersih-bersih rumah adalah kegiatan yang sangat penting saat menyambut Imlek. Bukan hanya karena kebersihan, tetapi masyarakat Tionghoa percaya bahwa membersihkan rumah akan menyingkirkan segala kesialan di tahun lalu. Sementara itu, saat Imlek tiba mereka nggak diperbolehkan menyapu atau berhubungan dengan sikat lho! Ini karena alasan saat Imlek keberuntungan yang datang tidak boleh disingkirkan.

3. Makanan

Makan besar dengan aneka hidangan khas Imlek juga pasti tersedia di tahun baru ini. Biasanya sajian kue keranjang, mie panjang, atau kue bola menjadi makanan yang wajib ada nih! Selain itu, dalam tradisi ini dilarang makan bubur yang dianggap sebagai lambang kemiskinan.

4. Kembang Api

meriahnya Imlek dengan menyalakan kembang api via tirto.id

Identik dengan perayaan meriah, Imlek juga selalu menampilkan tradisi kembang api. Hal ini karena kepercayaan bahwa Nian sangat ketakutan ketika ada suara gaduh yang ditimbulkan dari kembang api.

5. Mengunjungi Keluarga

berkumpul dan berkunjung ke rumah saudara via ct.org.tw

Berkunjung ke rumah keluarga besar merupakan tradisi Imlek lainnya. Sama seperti konsep silaturahmi biasanya, tradisi ini juga sebagai penyambung tali silaturahmi akan keluarga besar yang tidak selalu bisa berkumpul.

6. Angpao

tradisi bagi-bagi angpao saat Imlek via yukepo.com

Nah, ini yang paling kita kenal ya? Tradisi memberikan angpao kepada kerabat tercinta. Isinya tidak diperbolehkan uang logam dan harus uang kertas yang baru nih! angpao dipercaya sebagai pelancar rezeki lho!

7. Tidak Membalikkan Ikan

tradisi unik makan ikan saat Imlek, dilarang membalikkan ikan via yukepo.com

Menyantap ikan bandeng merupakan tradisi unik selanjutnya ketika sesi makan perayaan Imlek. Dalam tradisi ini, seseorang tidak diperkenankan untuk membalik ikan saat ingin menyantap daging dibawahnya. Bahkan sebaiknya ikan disisakan untuk disantap esok harinya sebagai tanda surplus tahun mendatang.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kenapa Sih Imlek Identik dengan Merah? Ternyata Ini Maknanya

Peluncuran Nokia 3310 4G, Sudah Didukung Aplikasi WA dan WiFi