in ,

5 Makanan Fermentasi yang Memiliki Manfaat Baik Bagi Pencernaan, Sudah Pernah Coba?

Adakah yang kamu suka, Cakap People?

CakapCakap – Cakap People pasti sudah sering dengar yang namanya makanan berfermentasi bukan? Makanan yang satu ini adalah jenis makanan yang difermentasikan menggunakan bantuan ragi, jamur ataupun bakteri. Langkah yang satu ini dilakukan untuk mencegah pembusukan pada makanan sekaligus berguna untuk mempertahankan nutrisi di dalamnya.

Di dalam makanan yang difermentasikan terdapat bakteri penghasil asam laktat yang hidup sebelum proses pencernaan dan menjadikan nutrisi lebih mudah tersedia bagi tubuh sekaligus memelihara mikrobioma usus agar lebih baik.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan usus sehat, bisa coba beberapa jenis makanan fermentasi yang berikut ini!

Tempe

Tempe via suaramerdeka.com

Fermentasi dari kedelai ini menjadi salah satu sumber fermentasi yang bagus untuk sumber nutrisi. Dalam prosesnya, protein kacang akan dipecah menjadi asam amino yang tentunya menjadi lebih mudah digunakan untuk tubuh. Tempe sendiri mudah untuk ditemukan di sekitar dengan harga yang murah. Tempe juga seringkali dijadikan sebagai sarapan dengan proses pengolahan yang cukup mudah dilakukan.

Kombucha

Kombucha via ediblealchemy.co

Ada juga kombucha yang merupakan gula serta teh yang difermentasikan. Kombucha sendiri memiliki kandungan sehat yang berupa polifenol dan probiotik yang bagus untuk kesehatan. Polifenol sendiri bisa ditemukan pada semua teh. Namun, fermentasi bisa meningkatkan potensinya.

Kefir

Kefir via bbcgoodfood.com

Selanjutnya adalah kefir. Kefir memiliki kandungan probiotik yang lebih banyak serta protein yang lebih kaya dibandingkan dengan yogurt biasa. Kefir bisa dibuat dengan menggunakan almond, santan atau bahkan menggunakan susu.

Sauerkraut atau kol asam

Ilustrasi menu kol via masakapaya.com

Kol parut yang difermentasikan secara alami dengan air garam memiliki kandungan probiotik, vitamin serta serat yang ramah bagi kesehatan usus.

Kimchi

Kimchi makanan khas Korea via epicurious.com

Ada juga kimchi yang merupakan makanan populer dari Korea. Kimchi sendiri dibuat dengan campuran berupa bawang putih, jahe hingga pasta cabai Korea yang bisa memberi tambahan rasa untuk santapan. Bagi kamu yang juga penggemar masakan Korea, tentu tahu betul mengenai masakan yang satu ini.

Tertarik menjadikan usus lebih sehat? Maka Cakap People bisa konsumsi beberapa makanan fermentasi di atas. Meski demikian, ingat untuk tidak dilakukan secara berlebihan ya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

3 Cara Profesional Menolak Pekerjaan Saat Kamu Dinyatakan Diterima

Sulit Kembali Berteman dengan Mantan? Ternyata Ini 3 Alasan yang Mendasari