in

4 Kebiasaan Merawat Softlense yang Sepele Tapi Berbahaya

Penampilan kamu memang lebih cetar jika memakai softlense di mata. Namun tahukah kalau kebiasaan-kebiasaan berikut ini sebenarnya berbahaya saat ketika melakukan perawatan terhadap softlense-mu?

Memakai kacamata memang kadang dapat memberikan penampilan yang nerdy dan kurang kece bila disandingkan dengan riasan atau makeup yang menawan. Untuk itulah sebagian besar orang memilih untuk mengenakan softlens agar tidak menutupi riasan wajahnya. Namun jika kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang gemar menggunakan softlens, apakah kamu benar-benar melakukan perawatan softlens-mu dengan baik? Berikut ini daftar kebiasaan berbahaya yang mungkin tidak kamu sadari saat merawat lensa kontakmu.

Menyentuh Softlens Tanpa Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Menyentuh softlens tanpa mencuci tangan terlebih dahulu via https://iprice.co.id/trend/fashion-kecantikan/sepele-tapi-bahaya-kebiasaan-yang-kamu-lakukan-saat-merawat-softlense/

Hayooo, siapa yang paling malas mencuci tangan sebelum memegang softlens. Kesannya memang jorok, tapi masih banyak lho ternyata yang enggan mencuci tangan terlebih dahulu saat mengenakan softlens. Ketika kamu melakukan ini berarti kamu membiarkan bakteri yang ada di tanganmu berpindah ke softlens yang kamu tempelkan ke mata. Ewww….

Enggan Mengganti Air Perendam di Tempat Softlens

Enggan mengganti air rendaman tempat softlens via https://shutterstock.com

Beberapa orang juga terlalu malas untuk selalu menggati air perendam softlens usai memakai dan saat akan menyimpannya. Padahal hal ini adalah BIG NO NO! Jika kamu memakai air perendam berulangkali, itu artinya sama saja kamu sengaja membuat matamu terinfeksi. Air perendam yang telah kamu gunakan sebelumnya telah mengandung bakteri yang berasal dari softlens sebelumnya. Ibarat kamu mencuci baju ke rendaman air kotor, sama saja tidak membuat bajumu menjadi bersih malah membuat badan kamu gatal-gatal. Jangan karena alasan ingin menghemat air perendam membuat kamu jadi malas mengganti air perendam ya!

Jarang Mengganti Wadah Softlense dalam Waktu yang Lama

Jarang mengganti wadah softlens via https://shutterstock.com

Sudah berapa lama kamu memakai tempat softlens yang sama? Kalau kira-kira sudah menggunakannya lebih dari tiga bulan, sebaiknya cepat menggantinya dengan yang baru. Jangan kira wadah softlens bebas dari kuman walau sering kamu bersihkan. Tempat softlens yang sudah dipakai selama lebih dari tiga bulan biasanya sudah tidak efektif untuk melindungi softlens-mu dari bakteri.

Memakai Softlense Melebihi Masa Kadaluarsa

Memakai softlens melewati kadaluarsa via https://iprice.co.id/trend/fashion-kecantikan/sepele-tapi-bahaya-kebiasaan-yang-kamu-lakukan-saat-merawat-softlense/

Ini juga pasti sering dilakukan oleh kamu-kamu yang malas mengganti softlens baru meskipun sudah lebih dari masa pakainya. Bila kamu memakai softlens dengan masa pakai satu bulan untuk enam bulan, kemungkinan besar softlens tersebut sudah mengandung banyak bakteri. Semakin banyak bakteri tentu semakin tinggi resikonya terkena infeksi.

Pilihlah softlens dengan masa pakai paling pendek, sekali pakai adalah yang paling bagus. Namun jika kamu terhalang dana, pilihlah softlens dengan masa pakai sebulan. Jika terpaksa untuk memakai softlens melebihi masa pakainya, rendamlah terlebih dahulu dalam larutan pembersih dan gosok selama 10 detik, lalu bilas lagi dengan lebih banyak larutan sebelum menyimpannya ke dalam wadah.

Ngaku saja, kamu pasti pernah atau bahkan sering kan melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas? Setelah mengetahui resikonya, masih berani coba-coba?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kenapa Buah Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Makan Besar?

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Cepat