in ,

4 Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Wasir, Wajib Coba!

CakapCakap – Pernah mendengar nama penyakit wasir Cakap People? Penyakit berikut merupakan suatu peradangan pembuluh darah vena yang letaknya di area anus. Umumnya wasir berbentuk sebuah benjolan yang keluar dari anus. Terdapat beberapa tanda yang dialami seseorang apabila mengidap wasir.

Berupa adanya benjolan yang terdapat di sekitar anus, muncul rasa gatal ataupun nyeri di sekitar area anus hingga keluarnya darah pada tinja. Tentu penyakit berikut menjadi momok yang mengerikan saat hendak buang air besar. Sebab seorang penderita wasir pasti akan mengalami sakit dan nyeri. Terlebih ketika duduk, rasanya juga pasti akan sangat menyiksa. Berikut 4 cara yang dapat kamu lakukan guna mencegah serta mengatasi penyakit wasir!

1. Olahraga rutin

Jenis olahraga yang baik bagi pasien wasir via Galena.co.id

Salah satu kunci menuju tubuh yang sehat ialah dengan berolahraga. Walau kamu seorang penderita wasir, bukan alasan untuk tak melakukan aktivitas fisik berikut. Jenis olahraga yang terbilang cocok untuk pengidap wasir ialah aerobik dan jalan cepat. Kamu dapat melakukan olahraga berikut selama kurang lebih 20 hingga 30 menit per hari. Berbekal olahraga rutin maka proses buang air besar bisa jadi lebih lancar.

2. Berendam air hangat

Terapi air hangat via Parenting.co.id

Bukan rahasia lagi jika air hangat dapat memberikan sensasi rileks. Selain itu berendam air hangat juga bisa meredakan peradangan maupun pendarahan pada wasir. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu duduk di bak mandi maupun ember yang berisi air hangat. Berendamlah kira-kira sampai 20 menit pasca buang air besar. Lantas keringkan area anus dengan perlahan. Lakukan upaya ini 2 sampai 3 kali sehari atau sesuaikan kebutuhan kamu ya!

3. Konsumsi cukup serat

Jenis makanan kaya serta via Hellosehat.com

Serat merupakan salah satu nutrisi yang perlu kamu konsumsi. Sebab kekurangan serat bisa memicu seseorang mengalami wasir. Salah satu fungsi serat ialah untuk menjadikan tinja lebih lembut. Sehingga ketika proses mengeluarkannya tekanan akan berkurang. Selain mengonsumsi jenis makanan yang cukup serat, kamu juga dapat menambahkan suplemen kaya serat guna mencegah serta mengatasi terjadinya peradangan wasir. Jenis makanan yang kaya akan serat di antaranya brokoli, gandum utuh, buah-buahan serta beberapa jenis makanan lain.

4. Hindari menunda buang air besar

Jangan menunda BAB via Go-dok.com

Apa kamu terbiasa menunda buang air besar saat sudah merasakannya? Perlu kamu ketahui, jika menumpuknya tinja bisa menimbulkan tekanan. Sehingga dapat menyebabkan wasir muncul. Selain menunda wasir, kegiatan seperti mengejan terlampau kuat ketika buang air besar juga dapat memicu penyakit wasir eksternal atau wasir luar. Masih ingin menunda buang air besar?

Cukup mudah bukan Cakap People? Selain mudah metode ini juga terbilang aman. Jadi kamu tak perlu takut akan ada efek sampingnya. Lakukan metode-metode di atas dengan rutin agar hasilnya bisa maksimal. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ternyata Inilah 3 Masalah Kesehatan Terbesar di Indonesia

Deretan Smartphone Terbaik Sepanjang 2018!