in ,

Hati-Hati! Ini Beberapa Efek Buruk dari Malas Berolahraga

CakapCakap – Olahraga bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia, terutama menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi, jika Cakap People berolahraga secara rutin dan teratur. Namun, meskipun sekarang sudah mulai banyak orang yang mulai menyadari pentingnya gaya hidup sehat dan melakukan olahraga secara rutin, tetap saja ada orang yang malah melupakan olahraga dengan alasan malas. Padahal, jelas ada pula banyak efek buruk dari malas berolahraga tersebut.

Ada beberapa efek buruk bagi tubuh jika malas berolahraga. Via womantalk.com

Menurut laman Sociolla.com, salah satu efek buruk dari malas olahraga adalah mudah mengalami depresi. Olahraga diketahui mampu meningkatkan kadar neurotransmiter serotonin dalam otak yang membuat suasana hati bahagia. Selain itu, saat berolahraga temperatur tubuh akan meningkat dan otomatis memicu endorfin di darah hingga mengubah sirkuit di otak yang berfungsi mengontrol mood. Malas berolahraga juga dapat membuat metabolisme tubuh melambat, di mana tubuh pun akan ‘melar’, hingga kemudian berpeluang besar meningkatkan munculnya berbagai risiko penyakit.

Kemudian, malas berolahraga pun juga bisa memicu osteoporosis. Kepadatan tulang memang akan terkikis seiring betambahnya usia, namun bisa diperlambat jika rutin berolahraga sejak dini. Aktivitas olahraga terbukti bisa menjaga kepadatan tulang. Tidak hanya itu, malas berolahraga juga bisa saja membuat otot jadi melemah. Padahal, jika terus dibentuk secara rutin melalui olahraga, otot akan memiliki kekuatan tersendiri. Selain itu, gangguan tidur juga bisa terjadi karena malah berolahraga.

Orang yang malas olahraga punya risiko kesehatan yang jauh lebih buruk daripada orang yang merokok. Via bisnis.com

Bahkan, fakta yang paling mengejutkan, ternyata orang yang malas olahraga punya risiko kesehatan yang jauh lebih buruk daripada orang yang merokok, penyakit diabetes dan jantung, seperti dimuat dalam laman Kompas.com. Dokter spesialis jantung Wael Jaber pun menyebut hasil studi terbaru mengenai efek tak berolahraga secara rutin tersebut sangat mengejutkan’. Studi tersebut secara tidak langsung menunjukkan fakta bahwa malas berolahraga berkolerasi dengan kematian dini.

“Kami belum pernah melihat sesuatu yang diucapkan seperti ini dan seobjektif ini,” ungkap dr Wael. Dia pun mengatakan olahraga aerobik direkomendasikan untuk membuat tubuh bugar dan hidup lebih lama. Oleh karena itu, mulai dari sekarang Cakap People jangan lagi malas berolahraga ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-Hati! Lihat GPS di HP Saat Mengemudi Bisa Dipenjara

Hendak Dekati Tipikal Wanita Galak? Ini Triknya!