in ,

Wah! Mandi Air Dingin Diyakini Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Bisa meningkatkan aktifitas brown fat yang membantu pembakaran kalori

CakapCakap – Banyak orang yang mungkin lebih memilih untuk mandi dengan air hangat, karena akan terasa lebih segar. Cakap People pun kemungkinan juga akan lebih menyukai mandi air hangat, apalagi di pagi hari. Namun, banyak yang masih belum mengetahui, ternyata mandir air dingin punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, di anyata bisa menurunkan depresi dan kecemasan, menurunkan rasa sakit, memperbaiki produktifitas, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mandi air dingin ternyata punya banyak manfaat bagi tubuh manusia, termasuk menurunkan berat badan. Via astaga.com

Nah, belakangan diketahui juga bahwa banyak orang yang percaya bahwa mandi air dingin pun bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah demikian? Salah satu penelitian terbaru yang telah dilakukan di Harvard dan dipublikasikan dalam jurnal ‘New England Journal of Medicine’ mencoba mengungkap fakta ini, seperti dilaporkan laman DokterSehat.com. Para partisipan dalam penelitian itu berada dalam ruangan yang didinginkan suhunya hingga sekitar 16 derajat Celcius selama 10 hari.

Hal ini ternyata meningkatkan aktifitas brown fat pada tubuhnya, di mana itu bisa membuat indeks massa tubuh jadi lebih rendah, yang berarti menurunnya berat badan. Menurut pakar kesehatan dari HSHS Medical Group yang bergerak di bidang obesitas atau berat badan, Nitin Kumar, MD, tubuh manusia akan cenderung menyimpan kalori dalam bentuk white fat atau lemak putih. Jika ingin menurunkan berat badan, white fat ini yang harus dikurangi. Berbeda dengan brown fat yang malah bisa membantu membakar kalori demi mempertahankan suhu inti tubuh manusia.

Mandi air dingin bisa meningkatkan aktivitas brown fat yang membantu pembakaran kalori. Via dream.co.id

Pada saat masih bayi, kadar brown fat pada tubuh manusia sangat banyak. Namun, seiring dengan bertambahnya umur, kadar brown fat ini semakin menurun. Dengan mengaktifkan brown fat lewat mandi air dingin, maka secara tak langsung bisa membantu pembakaran kalori dengan lebih banyak.

Hanya saja, untuk mendapatkan manfaat tersebut, maka perlu menghabiskan waktu cukup lama untuk mandi dengan air dingin. Nitin bahkan menyarankan berada di dalam ruangan dengan suhu 18 derajat Celcius setiap hari selama dua jam jika ingin menurunkan berat badan sekitar 1-2 kg dalam waktu enam pekan. Cakap People mau mencoba?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Bisnis Charging Station Kendaraan Listrik Bisa Balik Modal 10 Tahun, Mau Coba?

Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Bogor pada 10 Oktober 2019, Ini Waktunya!