in ,

Tidak Hanya Gula, Ternyata Diabetes Bisa Disebabkan Oleh 4 Hal Berikut!

CakapCakap – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup menakutkan. Sebab, penyakit berikut tak memiliki obat Cakap People. Hanya saja kamu dapat terus mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah dengan bantuan dari obat-obatan dan tenaga medis. Sehingga, pasien diabetes harus senantiasa menjaga kadar gula dalam darah agar tak melonjak tinggi. Umumnya diabetes disebabkan oleh konsumsi gula yang berlebihan.

Tetapi, belakangan ini diketahui jika tidak hanya gula saja yang dapat menyebabkan diabetes. Melainkan terdapat kebiasaan lain yang dapat memicu penyakit berikut. Nah, kamu wajib mengetahui kebiasaan tersebut guna mencegah penyakit diabetes. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Penggunaan obat kumur

Rutin pakai obat kumur bisa picu diabetes via Lifestyle.okezone.com

Siapa yang gemar memakai obat kumur? Sebenarnya pemakaian obat kumur ini ditujukan agar dapat menjaga kebersihan organ mulut. Namun, berbekal dari penelitian University of Alabama menjelaskan apabila 55% orang yang sering menggunakan obat kumur 2 kali dalam kurun waktu 3 tahun malah dideteksi punya penyakit diabetes tipe 2. Sebenarnya obat kumur memang dapat mengusir bakteri yang ada di gigi serta mulut. Tetapi, secara bersamaan pula bakteri tersebut juga mengontrol gula dalam darah. Apabila bakteri diusir maka terdapat risiko naiknya gula darah.

2. Kebiasaan menyendiri

Menyendiri bisa sebabkan stres via Ayobandung.com

Terbiasa melakukan hal ini? Sebaiknya tak perlu kamu lakukan lagi! Sebab, menurut penelitian menemukan jika orang yang terbiasa menyendiri dapat meningkatkan potensi terkena diabetes tipe 2 sampai 112%, khususnya pada wanita dengan rentang usia 40 hingga 75 tahun. Para ahli memprediksi jika orang yang terbiasa menyendiri dapat mengalami beberapa gangguan seperti depresi. Di mana depresi termasuk penyebab diabetes. Maka dari itu, jangan menyendiri lagi seolah-olah kamu tak punya teman maupun keluarga.

3. Tak mengonsumsi kopi

Konsumsi kopi tanpa pemanis via Haibunda.com

Pada pasien diabetes tipe 2 umumnya malah akan membatasi konsumsi kopi. Mereka takut jika kandungan kafein serta gula dalam kopi dapat memicu lonjakan kadar gula. Padahal, menurut penelitian yang berasal dari Harvard University menyebutkan jika orang yang membatasi konsumsi kopi maka dapat terserang diabetes sampai 17%. Jika kamu rutin mengonsumsi kopi hitam malah akan membantu kadar gula dalam darah agar senantiasa stabil. Namun, kamu disarankan guna tak menambahkan gula maupun pemanis lain ke minuman kopi tersebut.

4. Konsumsi makanan asin berlebihan

Berlebihan mengonsumsi makanan asin via Lifestyle.kompas.com

Makan makanan yang asin atau tinggi garam bisa menaikkan risiko seseorang untuk mengalami obesitas dan hipertensi. Padahal dua masalah tersebut merupakan pemicu penyakit diabetes. Selain itu, mengonsumsi garam secara berlebihan juga dapat berdampak pada resistensi insulin yang dapat meningkatkan potensi terkena diabetes.

Beberapa kebiasaan sepele di atas tak dapat kamu acuhkan begitu saja Cakap People. Sebab, sejatinya penyakit bisa berasal dari dalam diri sendiri. Kebiasaan-kebiasaan sederhana sekali pun jika sering kamu abaikan maka dapat menjadi senjata bagi dirimu sendiri.

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ternyata Segini Harga Identitas Digital Dijual di Dunia Maya

Keren! Swedia Lirik Makassar untuk Kerja Sama Kelola Sampah Jadi Energi