in ,

Ternyata Tamanu Oil Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kulit dan Wajah. Apa Saja?

CakapCakap – Setelah minyak esensial booming, banyak produk yang menggunakannya sebagai bahan dasar ataupun bahan campuran. Salah satunya adalah minyak Tamanu. Cakap People, menurut Natural Sourcingminyak dari tanaman yang berasal dari India ini dapat disimpan selama dua tahun.

Tamanu Oil mengandung anti microbial, anti bakteri, anti inflamasi dan asam lemak yang dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Australian Botanical Productsini dia kandungan dan beberapa khasiat dari minyak Tamanu :

1. Mengatasi Gangguan pada Saraf, Nyeri Otot dan Sendi

Meredakan nyeri otot dan sendi (unsplash.com/rawpixel)
https://unsplash.com/photos/mwlQKzFvILU

Minyak tamanu memiliki kandungan analgesik, anti neuralgia dan anti inflamasi yang dapat menyembuhkan penyakit rematik, pegal linu, cedera tulang dan neuritis. Minyak Tamanu juga memiliki kandungan anti virus yang dapat mengatasi peradangan dan kerusakan saraf yang disebabkan oleh infeksi virus.

2. Menyembuhkan dan Menghilangkan Bekas Luka

Kandungan anti inflamasi dalam minyak Tamanu juga berkhasiat menyembuhkan luka dan menghilangkan bekasnya. Hal ini disebabkan kandungan dalam minyak ini dapat mengaktifkan dan mempercepat pembentukan jaringan atau regenerasi sel-sel epidermis kulit dan menjaga keelastisitasan kulit. Sehingga minyak tamanu sangat dipercaya dapat menyembuhkan berbagai luka mulai dari luka akibat kulit yang pecah-pecah, bahkan luka bakar termasuk akibar terbakar sinar matahari. Selain itu, kandungan anti inflamasi minyak ini juga memiliki manfaat mengatasi jerawat, eksim dan psoriasis.

Minyak tamanu yang digunakan bersama dengan minyak esensial lainnya seperti Rose hip juga dipercaya dapat lebih ampuh menyamarkan jaringan kulit yang rusak atau jaringan parut bekas luka termasuk luka bekas jerawat.

3. Mengobati Memar

Mengobati dan menyamarkan bercak memar. (unsplash.com/Markus Spiske)
https://unsplash.com/photos/htD3O0_fkGU

Tidak hanya luka yang terdapat pada lapisan luar kulit, minyak Tamanu juga dipercaya dapat mengobati luka atau cedera dibawah permukaan kulit seperti memar atau keseleo karena kandungan calophyllolide-nyaPenggunaan minyak Tamanu dapat  membantu mengurangi rasa sakit dan menghilangkan bercak biru atau hitam pada kulit yang memar atau cedera.

4. Mengatasi Infeksi Jamur dan Bakteri

Melalui sebuah penelitian, kandungan lakton dan kumarin dalam minyak Tamanu terbukti dapat mengatasi infeksi jamur kurap yang biasanya menyerang kulit termasuk kulit kepala dan kaki.  Bahkan kandungan kumarin telah terbukti dapat menghambat virus yang menyebabkan kanker dan HIV.

5. Menjadi Bahan Dasar Produk Perawatan Kulit

Perawatan Kulit dengan Minyak Tamanu. (unsplash.com?Christin Hume)

Minyak Tamanu adalah salah satu kandungan yang sangat baik untuk menjadi bahan dasar kosmetik. Minyak ini sangat cocok untuk digunakan pada kulit sensitif atau kering. Selain itu, minyak Tamanu juga dapat mencegah dan mengobati ruam popok, bibir pecah-pecah, membuat kulit lebih halus dan lembut, serta mengurangi iritasi setelah bercukur dan semacamnya.

Sebagai tambahan, dilansir dari Sociolla, ketika digunakan di area wajah, jangan lupa usapkan minyak Tamanu di sekitar kantung mata karena kandungannya juga dapat mengatasi mata hitam dan menjaga kelembapan bagian bawah mata. Wah, jadi gak perlu susah-susah lagi menutupi mata panda lagi, kan?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Takdir Dalam Selembar Tissue

Waspada! Ternyata 3 Kebiasaan Sepele Ini Meningkatkan Risiko Demam Berdarah