in

Terkuak 7 Fakta Soal Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan

Pernah melihat air kemasan dengan tanggal kedaluwarsa? Sepertinya ada yang aneh saat air memiliki batas kedaluwarsa di tanggal tertentu. Pasti kamu pernah berpikir demikian bukan? Air kok ada kedaluwarsanya, gitu kan?

Namun, kenyataannya memang benar kan guys kalau semua air mineral kemasan apapun pasti tertera tanggal kedaluwarsanya. Nah, sebenarnya memang ada fakta yang harus diungkap dari masa kedaluwarsa pada air mineral kemasan yang notabene sudah dikemas secara higienis dan bebas dari kuman tersebut.

Penasaran kan, apa saja faktanya? Berikut beberapa fakta yang akan mengungkap alasan adanya masa kedaluwarsa tersebut, guys.

1. Pendataan

Pengemasan air mineral via viva.co.id

Tanggal kedaluwarsa yang ada pada kemasan botol air mineral digunakan sebagai pendataan produsen. Meskipun ada kode produksi, pendataan dengan menggunakan tanggal kedaluwarsa juga akan lebih mempermudah pengecekan produk.

2. Untuk botol

Kedaluwarsa berlaku untuk botol via kitamuda.id

Sebenarnya tanggal kedaluwarsa tersebut diperuntukan bagi botol kemasan air mineral tersebut. Tanggal kedaluwarsa itu berlaku untuk botol plastik yang menjadi wadahnya. Botol yang terbuat dari Polyethylen trephthalate bisa mengalami penurunan kualitas setidaknya selama dua tahun setelah digunakan. Tidak hanya itu, penurunan kualitas botol yang terbuat dari PET tersebut juga bisa menyebabkan terserapnya bahan kimia berbahaya ke dalam air mineral.

3. Dua tahun berselang

Tanggal kedaluwarsa via cerpen.co.id

Perlu diketahui bahwa selama dua tahun ke depan sejak diproduksi, botol kemasan akan mengalami penurunan kualitas. Oleh sebab itu, wajar jika setelah dua tahun tersebut, kesegaran air dalam kemasan botol akan terpengaruh.

4. Plastik wadah punya masa berlaku

Botol plastik air mineral via distributormesin.wordpress.com

Secara umum, air mineral yang murni tidak akan berpengaruh warna, bau dan rasanya. Namun, pada plastik yang digunakan justru akan mengalami pengaruh karena terkontaminasi saat pengepakan, pengiriman, dan penyimpanan.

5. Masih aman diminum

Minum air mineral via fakta.co.id

Berdasarkan penjelasan dari produsen air mineral terbesar di Indonesia. Selama air tidak berubah bau, warna dan rasa maka masih aman diminum meski telah lewat tanggal kedaluwarsanya.

6. Untuk penjual

Penjualan air mineral via matcha-jp.com

Tanggal kedaluwarsa yang disematkan pada kemasan air mineral diperuntukan juga untuk membantu penjual dalam mendistribusikan penjualan mereka kepada pembeli.

7. Menaati Pemerintah

Ragam air minum kemasan via ekonomi.kompas.com

Ternyata tanggal kedaluwarsa merupakan salah satu syarat dari pemerintah saat mengeluarkan izin untuk produk tertentu. Jadi, pada semua makanan atau minuman pasti jelas tertera tanggal kedaluwarsanya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kenikmatan Tak Tertandingi dari Kuliner Konro Makassar

Keren, Wanita Ini Buat Lukisan Fenomenal Bermodal Kecupan Bibir