in ,

Tamborasi, Sungai Terpendek Sedunia ada di Sulawesi!

CakapCakap – Indonesia kaya akan potensi alam yang melimpah dari ujung Sabang hingga Merauke. Indonesia juga dikenal dengan ribuan kebudayaan dan kesenian tradisional yang menakjubkan. Selain itu, Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan negara maritim, punya banyak sekali kawasan laut yang memisahkan puluhan ribu pulaunya. Ada yang unik juga, Indonesia kaya akan sungai yang mengalir dari hulu ke hilir, dan membelah setiap pulau di negara ini. Sebuah lembaga survey dunia mengkalkulasi panjang seluruh sungai yang ada di Dunia, dan tahukah Cakap People bawa sungai terpendek di dunia ada di Indonesia? 

Sungai Tamborasi di Sulawesi Tenggara
http://bkk.fajar.co.id/wp-content/uploads/2016/12/ok-ft-kolaka-tamborasi.jpg

Sungai terpendek di dunia adalah Sungai Tamborasi, yakni sebuah sungai pendek yang berlokasi di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Sungai ini punya lebar sekitar 15 meter, dan panjang yang hanya mencapai 20 meter saja. Mengapa perairan yang hanya berukuran kecil tersebut dikategorikan sebagai sungai? Dalam definisinya, sungai adalah aliran air yang konstan bergerak dari sumber dataran tinggi, dan berakhir di laut atau perairan lainnya. Sungai yang terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo ini, mengalirkan air yang muncul dari bebatuan tebing, menuju ke lautan di daerah Pantai Tamborasi.

Sungai terpendek kedua di dunia adalah Sungai Kovasselva, yang terletak di Norwegia. Sungai ini menghubungkan Danau Kovassvatnet dan Lautan Norwegia. Sungai ini hanya memiliki panjang sekitar 22 meter saja. Sungai terpendek ketiga adalah Sungai Reprua yang hanya berukuran 27 meter. Sungai yang terletak di Georgia ini mengalirkan air dari mata air Gua Krubera menuju Laut Hitam. Walaupun sungai ini merupakan sungai yang tergolong paling pendek sedunia, Sungai Reprua sekaligus menjadi sungai terdalam di dunia, yakni memiliki kedalaman lebih dari 2.300 meter.

Sungai Tamborasi di Sultra
http://kissfmmedan.com/wp-content/uploads/2018/04/sungai-tamborasi.jpg

Selanjutnya, sungai keempat terpendek di dunia adalah Sungai Ombla di Kroasia yang memiliki panjang 30 meter yang mengalirkan air tanah di kawasan Trebisnjica menuju Teluk Rijeka Dubrovacka di Laut Adriatik. Sungai terpendek kelima adalah Sungai Jezernica yang ada di Slovenia. Jezernica hanya memiliki panjang sekitar 55 meter. Keenam terpendek adalah sungai Roe yang mengalir di Montana Amerika Serikat. Dengan panjang sekitar 61 meter dan kedalaman 2,4 meter, sungai ini mengalirkan air dari Giant Springs dan menuju Sungai Missouri yang lebih besar.

Survey mengenai sungai-sungai terpendek di dunia ini juga menguak berbagai macam keindahan alam yang ada di kawasan tersebut. Selain itu, ada juga penemuan fauna-fauna unik dan endemik di masing-masing daerah.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Rekomendasi Toner di Bawah Harga 50 Ribu, Dijamin Tak Bikin Kantong Kempes!

8 Cara Inovatif dari Berbagai Negara Ini Bisa Selamatkan Bumi