in ,

Tak Hanya Planet Terbesar, Jupiter Juga Jadi Planet Tertua di Tata Surya

Planet Jupiter selama ini dikenal sebagai planet terbesar dalam tata surya. Via jagad.id

CakapCakap – Tata surya terdiri atas banyak planet, meski hanya beberapa saja yang benar-benar yang diakui sebagai planet. Cakap People pun pasti sudah mengetahui apa saja planet-planet yang ada di tata surya. Salah satu yang paling menarik adalah planet Jupiter, yang selama ini telah dikenal sebagai planet terbesar di tata surya. Planet Jupiter sendiri merupakan planet gas yang diselimuti oleh awan badai tanpa henti dengan bobotnya mencapai lebih dari 300 kali bobot dari planet Bumi.

Planet Jupiter selama ini dikenal sebagai planet terbesar dalam tata surya. Via jagad.id

Nah, baru-baru ini ada fakta terbaru dari planet Jupiter, di mana sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa planet Jupiter merupakan planet pertama yang terbentuk dan menjadi planet tertua dalam sistem tata surya, seperti dikutip dari laman Beritagar.id. Sebelumnya para ilmuwan memperkirakan planet Jupiter telah terbentuk dalam periode 10 juta tahun pertama saat kelahiran sistem tata surya. Periode tersebut dimulai dengan pembentukan mineral pertama sekitar 4,57 miliar tahun yang lalu.

Hasil sebuah studi terbaru yang diterbitkan Proceeding National Academy of Science menggunakan bukti dari meteorit untuk menunjukkan bahwa planet Jupiter merupakan yang pertama terbentuk. Sebagian besar meteorit yang mengenai bumi itu adalah pecahan batuan ruang angkasa yang lepas dari banyak asteroid pada sabuk asteroid besar antara planet Mars dan Jupiter, di mana sebagian besar terdiri dari sisa-sisa kosmis dari pembentukan sistem tata surya, dan kini jadi bukti penting.

Peneliti menemukan fakta terbaru bahwa planet Jupiter juga merupakan planet tertua dalam tata surya. Via phys.org

Ditambahkan pula dari laman Liputan6.com, sekelompok peneliti dari Lawrence Livermore National Laboratory Amerika Serikat dan University Munster Jerman kembali berhasil mengungkap bukti baru bahwa planet Jupiter merupakan planet tertua di tata surya. Informasi ini diketahui setelah sejumlah astronom meneliti umur meteorit yang jatuh ke bumi. Untuk menentukan umur meteor tersebut, mereka pun mengukur jumlah molibdenum dan isotop tungsten yang terkandung di dalam meteor.

Hasil perhitungan menunjukkan meteor berasal dari dua sumber berbeda yang terpisah jarak sekitar 2 hingga 3 juta tahun. Pemisahan itu diperkirakan dimulai sekitar 1 juta tahun setelah tata surya mulai terbentuk. Nah, fakta baru planet Jupiter ini bisa jadi wawasan tambahan bagi Cakap People!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata Rebung Punya Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Wajib Tahu! Olahraga 10 Menit Saja Ternyata Bisa Buat Bahagia