in ,

Tak Hanya Lemas, Ini Dampak Buruk Sahur dan Buka Puasa Minum Air Putih Saja

CakapCakap – Bagi yang tidak sempat masak atau lupa membeli makan, seringkali hanya minum air putih saja di saat sahur. Pernah melakukannya juga Cakap People? Cuma konsumsi air putih sendiri bisa membuat tubuh menjadi lemas saat menjalani puasa selama belasan jam lho!

Bukan tanpa alasan. Mengutip dari lansiran Liputan6, dokter Sepriani Timurtini Limbong menyebutkan bahwa minum air saja saat sahur tak disarankan sebab tak ada kandungan gizi di dalamnya yang akan menopang tubuh menjalani puasa selama 13 jam lebih.  

Air putih via helloseat.com

“Konsumsi air putih saat sahur tidak cukup. Kecuali, jika makan cukup banyak dengan asupan yang tinggi serat saat malam harinya. Jika sebelumnya tidak makan apa-apa atau makan hanya sedikit dan anda hanya minum air putih saat sahut untuk puasa selama hampir 13 jam, hal ini tidak disarankan,” ujarnya.

Air putih sendiri memiliki fungsi supaya tubuh terhidrasi. Sementara air putih, tidaklah mengandung gizi di dalamnya. Air putih tidaklah mengandung karbohidrat, lemak, protein, mikronutrien ataupun lemak seperti halnya makanan.

Makanan dibutuhkan oleh tubuh lantaran adanya kandungan berupa vitamin, mineral, lemak juga protein di dalamnya. Ragam kandungan tersebut bagus untuk tubuh hingga waktunya berbuka nanti.

Jika ada yang bertanya apakah air putih bisa digunakan untuk modal berpuasa selama belasan jam, maka jawabannya adalah tidak disarankan. Apalagi saat puasa kamu tidak ingin merasa lemas seharian bukan?

Gejala hipoglikemia via hellosehat.com

Lemas ketika puasa akibat tidak memberi asupan tubuh berupa makanan ketika sahur tidak boleh dianggap sepele.

Selain itu, konsumsi saat sahur juga membuat tubuh kekurangan modal untuk dijadikan energi. Salah satunya kondisi yang bisa saja terjadi adalah hipoglikemia. Gangguan ini adalah penurunan kadar gula darah dalam rentang yang paling rendah.

Hipoglikemia juga juga bisa menyebabkan badan menjadi lemas, kliyengan, pusing atau bahkan pingsan.

Nah setelah tahu kekurangan sahur hanya dengan air putih saja, ada baiknya jika kamu menghindari hal tersebut. Apalagi jika kamu memiliki banyak kegiatan yang harus kamu lakukan pada pagi harinya. Siapkan menu yang sehat sebagai menu sahur hingga berbuka kamu.

Jangan sampai tidak makan sahur ya, Cakap People! Pastikan jika asupan tubuhmu selalu cukup. Dengan demikian, kamu bisa menjalani puasa dengan tubuh yang kuat serta jauh dari kata lemas.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pemerintah Lakukan Pembatasan Whatsapp-Medsos Sampai 25 Mei 2019

Bingung Mau Kasih Kado untuk Orang Tua? Ini Dia 7 Ide Hadiah Spesial Saat Lebaran