in ,

Tak Biasa, Ritual Ngeri Ini Dilakukan Demi Menghormati Mayat

Berbagai suku yang tersebar di seluruh dunia tentu memiliki keragaman kepercayaan, adat, hingga tradisi yang dilakukan. Terkadang ada juga ritual atau tradisi yang tidak wajar masih saja dilangsungkan di era modern seperti sekarang. Seperti di beberapa wilayah berikut ini yang menghormati mayat dengan cara berbeda.

Ya, bagi sebagian besar suku yang masih memegang teguh adatnya, ritual menghormati mayat dilakukan dengan perlakuan unik sekaligus ngeri lho! Nah, berikut ini beberapa wilayah di dunia yang masih melakukan ritual unik untuk memperlakukan mayat yang mereka hormati. Penasaran seperti apa? Simak infonya di sini ya!

1. Hidup kembali

Menghidupkan kembali mayat via tribunnews.com

Bila biasanya setiap mayat dimakamkan dan dihilangkan dari dunia yang nyata, lain dengan pemakaman berikut ini. Mayat yang merupakan orang terkenal atau tokoh semasa hidupnya justru dibuat layaknya hidup kembali. Selain itu, mayat pun diletakan dalam posisi yang sama seperti kegemarannya ketika masih belum meninggal. Beberapa diantaranya ada nama musisi jazz Lionel Batiste dan David Morales.

2. Suku Aghori

Suku Aghori India via tribunnews.com

Di India, suku Aghori dikenal sebagai suku yang misterius dan memiliki gaya hidup mengerikan. Biasanya mereka juga selalu melibatkan mayat setiap kali mengadakan ritual. Seperti praktik kanibalisme yang juga mereka lakukan saat pemakaman. Ya, mereka memakan bangkai manusia ketika pemakaman tersebut. Hal ini dilakukan menurut kepercayaan mereka agar lebih dekat dengan Dewa Siwa.

3. Toraja

Ma’nene Toraja via hantupedia.com

Indonesia juga memiliki suku Toraja yang identik dengan pengalaman ritual yang unik dan menegangkan. Seperti yang terjadi pada ritual Ma’nene yaitu menggantikan pakaian pada jasad yang telah bertahun-tahun meninggal. Mereka pun akan mengambil jasad dari peti untuk dimandikan kembali, dihias dan diberi pakaian baru .

4. Malagasi

Famadihana di Madagaskar via afrotourism.com

Di Madagaskar tepatnya terjadi bagi etnis suku Malagasi ada ritual yang disebut Famadihana. Ritual ini dilakukan dengan cara berpesta pora di sekitar jasad yang meninggal. Namun, sebelumnya tulang jasad yang dikuburkan tersebut akan digali dan diambil untuk diikat menggunakan kain sutra. Kemudian mayatnya diajak berdansa dengan banyak orang dengan diiringi lagu.

5. China

Tradisi pernikahan hantu via vemale.com

Lain lagi dengan yang terjadi di China. Banyak kasus di wilayah ini tentang pencurian mayat bagi mereka yang memiliki keluarga belum menikah. Intinya, mereka yang belum menikah tersebut akan dinikahkan dengan mayat setelah membayar dengan harga tinggi untuk membeli atau mencuri mayat tersebut.

6. Suku Yanomami

Suku Yanomani via magazine.job-like.com

Di kehidupa suku Yanomami, ternyata kremasi harus dilakukan dengan cepat dan utuh. Mereka yang telah meninggal  akan segera dikremasi jasadnya, kemudian abu mereka akan digunakan untuk membuat sup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Pulau Sumba dan 9 Keelokan Wisatanya yang Bikin Mata Enggan Berpaling

Talkshow WHV Australia Kerjasama CEGAT dan Cakapcakap