in ,

Sering Dilakukan, Ini Kesalahan Dalam Mengelola Bahan Makanan Di Dapur

Kamu yang sekarang lagi coba-coba buat utak atik dapur di bulan Ramadhan ini mencoba berbagai resep masakan sendiri kayaknya perlu tahu beberapa kesalahan yang selama ini diabaikan oleh orang-orang saat mengolah bahan makanan. Memang terkesan sepele dan hasilnya terkadang nggak tampak nyata, tapi lebih baik kamu tahu dan segera menghentikannya sekarang. Mengelola bahan makanan dengan benar justru akan bikin masakan kamu lebih lezat dan tentunya bebas keracunan karena ada beberapa bahan makanan yang perlu penanganan khusus yang nggak boleh diabaikan.

1. Lupa cuci tangan

Terkesan sepele memang apalagi kamu baru saja melakukan aktifitas yang kelihatannya nggak bikin tangan kotor. Tapi percayalah bahwa tangan kamu menyimpan banyak bakter yang akan jadi masalah kalo sampai pindah ke bahan makanan yang akan kamu olah. Mencuci tangan sebelum memasak bisa mengurangi kasus diare akibat keracunan makanan hingga 30 persen. Jadi jangan malas untuk memulai aktifitas dapur dengan mencuci tangan minimal 20 detik menggunakan sabun.

2. Mencuci daging mentah

Pikiran kita adalah semua harus dicuci dengan air biar bersih layaknya buah, sayuran, atau bahkan pakaian. Tapi itu nggak berlaku dengan daging mentah. Daging ayam atau daging sapi mentah akan sangat berbahaya jika dicuci terlebih dahulu karena bakteri dari air justru akan menyebar. Jadi lebih baik langsung direbus untuk menghilangkan kotorannya lalu langsung diolah menjadi menu yang kamu siapkan.

Bahan Makanan di dapur siap olah via Winnet News.

3. Meletakkan makanan matang di wadah bekas makanan mentah

Hal ini bisa terjadi jika kamu cuma punya wadah masakan yang minim sehingga harus bergantian penggunaannya. Mewadahi makanan matang di tempat bekas makanan mentah akan membuat bakteri berpindah dengan cepat. Meski masakan sudah matang tepat saja bakteri akan tetap berpindah dan membuat masakan matang kamu keracunan bakteri.

Keracunan makanan via Internet.

4. Mencairkan makanan beku pada suhu ruangan

Stok bahan makanan yang disimpan di dalam lemari es hingga beku memang dijamin bisa memperpanjang daya tahannya. Tapi celakanya proses pencairan yang salah justru membuat bakteri semakin banyak. Mencairkan bahan makanan yang beku di suhu ruangan akan membuat bakteri berkembang biak dengan cepat. Pada suhu 4 hingga 60 derajat celsius adalah suhu yang mudah bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang. Jadi cairkan perlahan dengan memindah bahan makanan ke kulkas bagian bawa atau langsung direbus hingga mendidih.

Udah tahu kan pantangan-pantangan yang seharusnya nggak dilakukan saat mengolah bahan makanan. Sekarang lebih bijak lagi dalam mengolah makanan dan berikan makanan sehat yang lezat untuk keluargamu. [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Tingkah Gokil Orang Yang Punya Smartphone Baru, Kamu Pernah?

Kenikmatan Tak Tertandingi dari Kuliner Konro Makassar