in ,

Penting! Kamu Perlu Tahu Ini dalam Memilih Makanan Setelah Berolahraga

CakapCakap – Banyak orang yang merasa lapar setelah berolahraga. Cakap People sendiri pun pasti pernah merasakan kondisi seperti itu. Melakukan berbagai aktivitas fisik dalam berolahraga memang menghabiskan banyak energi, sehingga tubuh pun akan mulai merasa lapar. Namun, makan setelah berolahraga ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan. Mengonsumsi makanan berat usai olahraga memang tidak tepat, karena dapat membuat hasil dari berolahraga akan menjadi terbuang sia-sia.

Cemilan seperti apel bisa menjadi pilihanan makanan setelah berolahraga. Via halodoc.com

Nah, dalam memiliki makanan setelah berolahraga, mungkin bisa dengan mencoba untuk ngemil saja, bukan mengonsumsi makanan berat, seperti dilaporkan oleh laman Merdeka.com. Hal yang perlu diperhatikan menurut hasil penelitian dari University of Nebraska-Lincoln adalah kapan akan mengonsumsi cemilan tersebut. Pilihannya bisa saja apel, brownies atau coklat, seperti yang dicoba dalam eksperimen sederhana yang dilakukan oleh Karsten Koehler dan Christopher Gustafson.

Namun, sebagian peserta dalam penelitian itu malah cenderung mengonsumsi cemilan seperti apel sebelum berolahraga. Bahkan, bisa pula cenderung memilih makanan yang malah kurang nustrisi. “Jika tujuanmu untuk menurunkan bobot, maka saya akan mengatakan bahwa temuan kami ini mendukung bahwa sebaiknya kamu tidak membuat keputusan ketika lapar setelah berolahraga, namun sebaiknya sebelum pergi ke gym,” ungkap Koehler yang juga merupakan asisten profesor pada departemen pengetahuan nutrisi dan kesehatan di University of Nebraska-Lincoln tersebut.

Makan setelah berolahraga boleh-boleh saja, karena tubuh membutuhkan asupan makanan sebagai pengganti energi. Via indosport.com

Sebenarnya, sah-sah saja jika makan setelah berolahraga. Bahkan, sudah boleh makan sekitar 15-30 menit setelah olahraga selesai, seperti dijelaskan dalam laman Kompas.com. Pasalnya, tubuh sangat butuh asupan makanan sebagai pengganti energi yang sebelumnya telah terkuras. Olahraga yang sebelumnya dilakukan juga tidak akan sia-sia jika langsung makan setelahnya. Alasannya, ketika berolahraga, tubuh membakar cadangan lemak yang kemudian akan terpakai sebagai bahan energi.

Sedang makanan yang disantap setelah olahraga tidak akan langsung berubah jadi cadangan lemak menggantikan yang dibakar saat olahraga. Makanan baru akan diubah menjadi lemak jika memang kebutuhan makanan jaringan dan sel tubuh sudah terpenuhi. Sisanya yang akanjadi lemak. Apalagi, otot-otot tubuh juga sangat membutuhkan energi dan makanan pengganti setelah bekerja keras. Jadi, begitu ya, Cakap People!

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ini Sederet Olahraga yang Dijalani Cinta Laura, Mau Coba?

Ingin Pisahkan Tulang Ceker Dari Kulitnya? Begini Caranya!