in ,

Mulai Langka! Inilah Rujak Asal Jakarta yang Susah Ditemukan

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sajian kuliner. Salah satunya ialah Jakarta. Ibu kota negara ini memiliki banyak ragam kuliner yang sangat nikmat untuk disantap. Salah satunya ialah rujak juhi. Pernah dengar namanya, Cakap People?

Kabarnya kata juhi ini berasal dari bahasa China, sebab dulunya rujak juhi masuk dalam salah satu hidangan ala masyarakat China. Rujak ini terdiri dari bahan-bahan yang salah satunya adalah potongan buah. Dulunya kuliner ini populer. Namun kini namanya seolah tenggelam dan jarang ditemui lagi.

Rujak Juhi,khas Betawi via Indonesiakaya.com

Meskipun terbilang langka, namun kuliner ini masih tetap ada lho! Jenis rujak yang satu ini cukup berbeda dengan hidangan rujak lain. Rujak juhi atau mie juhi ini tersusun atas irisan aneka buah, mentimun, potongan kol, mie kuning rebus, kentang rebus, daun selada, hingga taburan juhi yang merupakan bahan utamanya.

Juhi merupakan sotong kering yang dibuat melalui prosesi fermentasi serta kemudian dipanggang sampai mengering. Sama seperti rujak pada umumnya, terdapat pula guyuran saus dalam rujak juhi yang semakin memperkuat rasanya. Namun saus yang digunakan untuk rujak juhi ini berbeda dengan rujak kebanyakan. Sausnya berwarna cokelat dan terbuat dari cuka, kacang tanah yang digoreng, cabai merah, gula pasir, bawang putih, serta cabai rawit.

Rujak juhi yang sudah mulai jarang ditemukan via akurat.co

Jika dipandang sekilas maka sajian saus kacang dari rujak juhi ini akan mengingatkan kamu pada hidangan ketoprak dan gado-gado. Sensasi rasanya pedas, gurih serta berpadu dengan sedikit asam. Untuk menyajikan hidangan ini terbilang mudah. Hanya perlu menyiapkan bahan-bahan di atas, kemudian letakkan pada 1 piring. Lantas, potong-potong dan guyurkan saus kacang serta berikan taburan juhi di permukaan. Tak lupa berikan pula krupuk agar hidangan ini semakin sempurna.

Walaupun kehadiran rujak juhi mulai tergeser akan makanan-makanan modern, tapi Cakap People masih bisa menjumpai rujak juhi ini di sekitaran Kota Tua Jakarta. Kamu juga bisa membuat kreasi rujak juhi sendiri di rumah. Cukup mudah lho! Bahan dasarnya pun dapat kamu temukan di pasar atau pusat perbelanjaan. Jadi tertarik untuk mencobanya?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Berikut 5 Cara Penyelesaian Konflik dalam Hubungan yang Paling Sering Dilakukan!

Bangga! Mahasiswi Difabel Andalan Indonesia di Asian Para Games 2018