in ,

Makassar Itu Kaya, Ini Buktinya!

CakapCakap – Indonesia adalah salah satu negara yang menyimpan banyak sekali kekayaan alam. Sehingga tak heran jika aneka wilayah yang ada di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Sama halnya dengan Makassar yang merupakan salah satu kota terbesar di Sulawesi Selatan. Perlu kamu ketahui Cakap People, jika Makassar ternyata lebih kaya dari yang selama ini kamu bayangkan.

Tak hanya memiliki kekayaan dari segi wisata saja, melainkan Makassar juga memiliki adat yang kental dengan nuansa tradisional. Hal tersebut tercermin dalam pakaian tradisional ala Makassar. Di dalam bangsa kita, budaya memang masih terpupuk dengan sangat luar biasa. Sehingga aneka wilayah di negara kita ini seolah memiliki jati dirinya masing-masing. Walau demikian, namun tetap satu tujuan. Penasaran dengan apa saja yang dimiliki Makassar? Berikut ulasannya!

1. Punya Agraria yang Kaya

Area persawahan yang membentang luas via Arsip2.kabar.news

Bukan rahasia lagi jika Makassar merupakan salah satu wilayah yang kaya. Di sini banyak terdapat aneka kekayaan alam yang berlimpah. Misalnya seperti di kawasan pantai barat, yang meliputi Barru, Maros, Sidrap, serta Makassar di mana terdapat area persawahan yang cukup luas. Terdapat pula aneka daerah yang bergerak dalam bidang tambak sebagai penghasil udang, kepiting, sunu, hingga bolu. Berbekal kekayaan itulah Makassar dikenal sebagai kota yang memiliki wisata kuliner yang serba ada.

2. Filosofi yang Berkembang

Filosofi yang dipegang teguh via Abdulakbar16.wordpress.com

Salah satu filosofi yang dipegang teguh oleh masyarakat Bugis Makassar ialah Siri ‘Na Pacce. Di mana filosofi ini seolah mengajari perihal moral yang dikemas dalam bentuk sebagai nasihat kesusilaan, hak, larangan serta kewajiban yang didominasi oleh tindakan manusia guna melestarikan serta membina kehormatan dan dirinya.

Siri sendiri artinya adalah rasa malu atau suatu hal yang tabu bagi masyarakat Bugis Makassar. Sementara Pacce memberikan pengajaran perihal kepedulian dan solidaritas dalam interaksi dengan orang lain. Filsafat ini mengajarkan jika kita tak boleh egois dan harus senantiasa saling menghormati, welas asih dan mengerti akan beban orang lain.

3. Pakaian Tradisional

Baju tradisional masyarakat Bugis-Makassar via Panrita.news

Coba kamu tebak, apa yang jadi pakaian adat Makassar? Namanya adalah baju Bodo, yang merupakan kostum tradisional ala wanita Bugis Makassar. Baju ini bentuknya seperti persegi panjang, umumnya dibuat dengan lengan pendek atau setengah tangan. Menariknya, baju tradisional ini diakui sebagai salah satu mode yang tertua lho di dunia. Biasanya busana ini digunakan di kala ada acara tertentu, seperti upacara pernikahan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, baju ini mulai mengalami revitalisasi dengan digunakan saat acara-acara seperti perlombaan menari atau pun untuk menyambut tamu. Warna pakaian yang ada pada baju Bodo ini seolah menunjukkan perihal martabat dan usia dari si pemakai lho!

Bukankah Makassar sangat kaya Cakap People? Mulai dari kekayaan budaya, kuliner bahkan agrarianya pun sangat bervariasi. Sehingga tinggal di Makassar merupakan keberuntungan tersendiri bagi masing-masing orang. Kita harusnya senantiasa menjaga apa yang ada di depan kita ini. Jangan sampai apa yang dimiliki oleh kota ini jadi lapuk termakan usia. Sebab, kekayaan dapat kian luntur dan hilang jika tak kita budidayakan ‘hartanya’.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tawaran TNI dan Polri untuk Ramlah, Atlet Mamuju Peraih Perak Asian Games 2018

Wah! Setelah Asian Games Indonesia Mau Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032